Sediyaningsih, Sri and Asih, Irsanti Widuri and Limbong, Asnah Marlina Nellawaty (2013) Analisis Model Komunikasi “Transactional Distance” dalam Layanan Bantuan Belajar (Studi Difusi-Inovasi Layanan Belajar Online di Universitas Terbuka). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2013_12.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berawal mula karena ada rasa keingintahuan peneliti dalam penyediaan layanan bantuan belajar yang disediakan oleh perguruan tinggi yang menggunakan metode jarak jauh, dimana layanan bantuan belajar ini diberikan untuk membantu proses belajar mahasiswa yang tidak selalau atau bahkan tidak pernah bertatap muka dengan pengajarnya. Di Indonesia, Universitas Terbuka adalah Universitas Negeri yang dipercaya sejak tahun 1984 ditunjuk oleh Pemerintah untuk melaksanakan program pendidikan tinggi jarak jauh, oleh karenanya penelitian ini mengambil obyek utama Universitas Terbuka (UT) yang telah 28 tahun menjalankan sisitem pendidikan tinggi jarak jauh ini. UT memberikan layanan bantuan belajar dalam berbagai bentuk atau model . Baik itu cetak, dalam bentuk majalah komunika dan non cetak, seperti Computer Assisted Instructional (CAI), Web Supplemen, I-TV, Video Conference, Video Interaktif dalam CD, Dry Lab, dan siaran-siaran melalui Radio dan Televisi. Idealnya pembuatan layanan bantuan belajar yang dapat dikatakan suatu inovasi harus disesuaikan dengan kebutuhan pembelajar atau mahasiswa. Hal ini sesuai dengan teori Difusi dan Inovasi dari Rogers, 2003, dimana setiap program yang ditujukan kepada khalayak, harus disesuaikan dengan kebutuhan mereka yang dapat ditinjau dari sisi compatibilitas, observasibilitas, trialibilitas, keuntungan relatif dan kompleksitas. Disisi lain tingkat penerimaan atau penyebarannya sendiri melalui proses pemahaman, persuasi, keputusan, implementasi dan konfirmasi, yang kecepatannya atau waktu yang dibutuhkan sangat tergantung dari tingkat penerimaan mahasiswa. Dalam proses pembelajaran Dick,Carey dan Carey, 2009 mengatakan, bahwa materi pembelajaran harus dibuat berdasarkan analisis kebutuhan dari si pembelajar, hal ini menunjukkan bahwa setiap proses pembuatan program apapun bentuknya harus didasarkan pada karakteristik mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian Sediyaningsih,2011 mengungkapkan proses pembuatan layanan bantuan belajar di UT lebih berdasarkan pada kemampuan dan kemauan Dosen, hal ini dikarenakan UT mempunyai prinsip melayani seperti super market, artinya menyediakan berbagai model, dan mahasiswa bebas memilih. Tentu saja hal ini ada kelebihan dan kelemahannya. Transaksi terjadi dalam proses komunikasi, karena apabila tidak ada kesepakatan layaknya transaksi maka tidak akan pernah terjadi komunikasi. Transactional distance merupakan suatu transaski yang mengkaitkan antara lingkungan, individu dan pola perilaku. Sehingga diperlukan learner atonomy. Dari beberapa layanan bantuan belajar yang disediakan ternyata tutorial online masih menjadi favorit para mahasiswa. Alasan utama pemilihan tuton ini dikarenakan ada kontribusi nilai sebesar 30% bagi nilai akhir, disisi lain mahasiswa merasa dengan mengikuti Tuton ada keharusan untuk membaca bahan ajar. Dari pandangan Tutor atau Dosen, pemberian tutorial online adalah suatu kewajiban, namun jumlah mahasiswa dan Tutor belum dalam kondisi ideal. Layanan bantuan belajar memang belum sepenuhnya dibuat berdasarkan kebutuhan mahasiswa, sehingga bentuk layanan bantuan belajar lebih mengarah ke konsep super market, kami menyediakan dan anda memilih untuk membeli. Layanan bantuan belajar lainnya, bila digarap dengan baik ada perencanaan, konsep dan eksekusi secara profesional pasti akan menghasilkan layanan bantuan belajar yang diminati oleh mahasiswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2013_12 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Transactional Distance |
Subjects: | 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication (Komunikasi) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 04:03 |
Last Modified: | 16 Aug 2019 07:01 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5462 |
Actions (login required)
View Item |