Benny, Nugraha and Yan, Haryanto (2013) Current And Expected Practices Of The Online Tutorials Of English Education Courses At Universitas Terbuka. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2013_21.pdf Download (552kB) | Preview |
Abstract
Kurangnya informasi dan panduan dalam melaksanakan tutorial online (tuton) dan kurangnya pelatihan tuton telah mengakibatkan berbagai pemahaman yang berbeda diantara para tutor tuton tentang bagaimana sebaiknya tuton dilaksanakan di Universitas Terbuka (UT). Panduan tuton yang selama ini menjadi acuan tidak merinci bagaimana sebaiknya tuton dilaksanakan. Permasalahan tersebut menginspirasi Peneliti untuk mengidentifikasi, memotret, dan membandingkan bagaimana sesungguhnya persepsi dan praktik pelaksanaan tuton termasuk harapan para tutor dan mahasiswa untuk lingkup tuton di Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Penelitian ini berbentuk studi kasus tunggal terhadap satu sampel random terstratifikasi (100 orang) dari populasi mahasiswa (2027 orang) yang menjadi peserta tuton matakuliah-matakuliah PBI dan satu populasi tutor PBI (13 orang) pada semester 2013.1. Terdapat tiga tahap pengumpulan data penelitian, yaitu, survey dengan angket online, wawancara tatap muka, dan observasi yang ketiganya melibatkan dua kelompok subyek penelitian tersebut. Ketiga instrument, yang telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas, digunakan untuk menggali informasi tentang persepsi dan praktik yang nyata dilaksanakan dalam tuton serta harapanharapan tentang “best practices” yang seharusnya/sebaiknya dilaksanakan oleh tutor dan mahasiswa peserta tuton dalam tuton. Analisa kuantitatif dilaksanakan terhadap data dari pertanyaanpertanyaan tertutup dalam angket; sementara, analisis kualitatif akan dilaksanakan pada data dari pertanyaan-pertanyaan terbuka dalam angket, wawancara, dan catatan observasi terhadap sample purposif. Analisis kualitatif dimaksudkan untuk mentriangulasi temuan analisis kuantitatif. Temuan disintesis dengan temuan kajian lain dan “best practices”dari tiga institusi penyelenggara pendidikan jarak jauh lain sebagai pembanding untuk ditarik simpulan dan implikasinya. Luaran penelitian adalah artikel dalam jurnal terakreditasi yang mendeskripsikan sebuah kasus potret nyata dan rekomendasi tentang “best practices” dalam pelaksanaan tuton di UT. Rekomendasi ini akan bermanfaat bagi pemangku kebijakan (di UT dan luar UT) dalam upaya-upaya perbaikan tuton dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran berbasis jaringan. Bagi tutor, luaran dapat menginspirasi tutor untuk melaksanakan refleksi dan perbaikan berbagai aspek dalam tuton seperti: persiapan, materi, strategi pembelajaran, interaksi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, tingkat partisipasi, dan tampilan. Bagi mahasiswa PBI, luaran dapat berdampak pada pemahaman yang lebih komprehensif tentang peran penting tuton dalam pendidikan jarak jauh, hak dan kewajiban peserta tuton, peningkatan kualitas pembelajaran, kemandirian belajar serta tingkat partisipasi. Luaran juga dapat menginspirasi penelitian lanjut seperti pemodelan tutorial online yang mengadopsi atau mengadaptasi “best practices” yang diusung penelitian ini.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2013_21 |
Uncontrolled Keywords: | ONLINE TUTORIALS; English Education |
Subjects: | 400 Language > 400-409 Terminology, Bilingualism (Terminologi, Bilingual) > 407 Education,ResearchofLanguage,RelatedTopicsofLanguage (PendidikanBahasa,RisetBahasadanTopikTerkaittentang Bahasa) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 04:43 |
Last Modified: | 09 Aug 2018 04:23 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5475 |
Actions (login required)
View Item |