Pengaruh Penggunaan Media Internet terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah di UPBJJ-UT Medan

Johannes, and Munthe, Susherida (2014) Pengaruh Penggunaan Media Internet terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah di UPBJJ-UT Medan. Project Report. Universitas Terbuka, Medan.

[img]
Preview
Text
2014_195.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah hasil belajar mahasiswa UPBJJ UT Medan yang diajar menggunakan media internet pada pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada hasil belajar mahasiswa UPBJJ UT Medan yang diajar menggunakan tatap muka/tutorial pada pembelajaran berbasis masalah; (2) Untuk mengetahui apakah hasil belajar mahasiswa UPBJJ UT Medan yang memiliki kemadirian belajar tinggi lebih baik dari pada hasil belajar mahasiswa UPBJJ UT Medan yang memiliki kemandirian belajar rendah; (3) Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mahamahasiswa UPBJJ UT Medan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 9 UPBJJ-UT Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar (2) angket kemandirian belajar mahasiswa. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk objective test. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan internet dibandingkan dengan mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tanpa menggunakan internet; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA mahasiswa yang memiliki kemandirian belajar rendah dan kemandirian belajar tinggi baik di kelas pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan internet dan di kelas pembelajaran berbasis masalah tanpa menggunakan internet; (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan internet dan pembelajaran berbasis masalah tanpa menggunakan internet dengan kemandirian belajar dalam meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_195
Uncontrolled Keywords: Media Internet, Kemandirian dan Berbasis Masalah
Subjects: 000 Generalities > 000-009 Knowledge - Special Computer Methods (Ilmu Umum dan Komputer) > 004.678 Internet (World Wide Web) (Internet)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 06:34
Last Modified: 25 Feb 2019 02:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5480

Actions (login required)

View Item View Item