Silaban, Hisar Lambok Manogu (2014) Pengaruh Manajerial Skill Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42026.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh keterampilan konseptual, keterampilan hubungan manusiawi, keterampilan teknis kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru dan dampaknya terhadap kinerja guru SMA Negeri I Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode penelitian yang digunak:an adalah metode penelitian survei. Responden adalah guru SMA Negeri 1 Pinangsori sebanyak 43 orang dengan menggunakan metode samplingjenuh. Tipe penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory reseach),karena penelitian ini bermaksud menjelaskan pengaruh antara variabel keterampilan konseptual, keterampilan hubungan manusiawi, keterampilan teknis kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru dan dampaknya terhadap variabel kinerja guru. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner. Analisis data menggunakan analisa jalur ( Path analysis ) dengan dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan konseptual, keterampilan hubungan manusiawi, keterampilan teknis kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah secara gabungan dengan kontribusi determinasi (R2) sebesar 0,549 sedangkan sebesar 0,451 lagi dijelaskan variabellain diluar konsep penelitian, dan persamaan regresi yang dihasilkan adalah y = 39,109 + 0,131 x1+ 0,230 x2 + 0,048 x3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keterampilan konseptual kepala sekolah. mempengaruhi variabel kinerja guru secara langsung 0,727, secara tidak langsung sebesar 0, 799, sedangkan variabel motivasi kerja guru mempengaruhi variabel kinerja guru di SMA Negeri 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah yaitu sebesar sebesar 0,526. Dari hasil penelitian juga dapat disimpulkan bahwa kinerja guru di SMA Negeri 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah ak:an semakin meningkat apabila keterampilan konseptual, keterampilan hubungan manusiawi, keterampilan teknis kepala sekolah dan motivasi kerja guru lebih baik. Untuk mendorong hasil kinerja guru yang maksimal dapat diupayakan dengan lebih mempedomani tugas pokok dan fungsi kepala sekolah sebagai edukator, manajer, administrator,leader, inovator dan motivator.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 16/42026 |
Uncontrolled Keywords: | headmaster's concept skill, human skill, technic skill, working motivation, teacher performance, keterampilan konseptual, keterampilan hubungan manusiawi, keterampilan teknis kepala sekolah, motivasi kerja, kinerja guru |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 03:09 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 03:09 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/55 |
Actions (login required)
View Item |