Muallim, and Silalahi, Hernawi (2014) Persepsi Mahasiswa terhadap Gaya Komunikasi Tutor dan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi UPBJJ – UT Medan Masa 2014.1. Project Report. Universitas Terbuka.
|
Text
2014_206.pdf Download (882kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji masalah masih rendahnya mutu pendidikan di Indonesia. Gejala tentang rendahnya mutu pendidikan di Indonesia, diantaranya diindikasikan oleh rendahnya kreativitas para lulusan sebagaimana sering disoroti oleh masyarakat pemakai lulusan tersebut. Rendahnya mutu pendidikan sudah tentu merupakan produk dari sistem pendidikan yang kurang atau bahkan tidak mengembangkan keseluruhan dimensi psikologis individu, khsususnya aspek kreativitas. Di sisi lain kreativitas individu sangat dibutuhkan. Sebab melalui kreativitas itulah kehidupan manusia menjadi penuh makna, apalagi dalam rumusan tujuan pendidikan nasional, nampak jelas bahwa kreativitas merupakan salah satu dimensi penting bagi terciptanya manusia Indonesia yang berkualitas. Aktualisasi kemampuan berpikir kreatif merupakan akibat dari proses interaksi dan interdependensi antara faktor-faktor psikologis dan faktor lingkungan. Salah satu faktor lingkungan yang dianggap sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan berpikir kreatif adalah lingkungan kampus. Dalam lingkungan tersebut terjadi serentetan komunikasi yang dapat mengembangkan ataupun menghambat perkembangan kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan uraian di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui secara valid dan reliabel tentang pengaruh komunikasi tutor dengan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa, dan (2) untuk menyusun gaya komunikasi yang efektif bagi perkembangan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Metode penelitian yang akan digunakan adalah survey eksploratif. Teknik analisis data adalah analisis regresi. Sumber data/populasi/unit analisis adalah mahasiswa Universitas Terbuka UPBJJ Medan Program Studi Ilmu Komunikasi Beasiswa Bidikmisi Masa 20141. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket, dengan analisis data dilakukan dengan bantuan metode statistika. Selanjutnya sejalan dengan tujuan di atas, maka hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dirumuskannya konsep (gaya) komunikasi yang efektif bagi perkembangan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2014_206 |
Uncontrolled Keywords: | mutu pendidikan, gaya komunikasi, kemampuan berfikir |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 153.6 Communication Psychology (Psikologi Komunikasi) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 08:23 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:43 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5514 |
Actions (login required)
View Item |