Analisis Model Komunikasi Instruksional Berbasis Video Conference (Studi terhadap Pelatihan Tingkat Lanjut Penelitian Bahan Ajar melalui Video Conference di Universitas Terbuka)

Sediyaningsih, Sri and Malati, Ida and Asih, Irsanti Widuri (2014) Analisis Model Komunikasi Instruksional Berbasis Video Conference (Studi terhadap Pelatihan Tingkat Lanjut Penelitian Bahan Ajar melalui Video Conference di Universitas Terbuka). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_20.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbagai metode pembeljaran jarak jauh sudah digunakan oleh Perguruan Tinggi Jauh dalam menyampaikan ide/gagasan dan materi ajarnya. Salah satu yang sedang dikembangkan dan banyak digunakan adalah metode video conference yang menggunakan sarana audio, video dan grafis secara bersamaan. Dalam dunia pembelajaran proses penyampaian pesan atau materi ajar selalu mempunyai tujuan atau dikenal dengan tujuan instruksional. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakanlah media video conference. Universitas Terbuka, sebagai universitas di Indonesia yang secara resmi sejak 28 tahun yang lalu menerapkan metode pembelajaran jarak jauh, baik sebagai media untuk penyebaran kebijakan-kebijakan dengan kantor unitnya atau unit program belajar jarak jauh (UPBJJ), maupun kegiatan lainnya. Kali ini perhatian dari penelitian ini adalah melihat dan menganaslisis pelaksanaan pelatihan penulisan penelitian bahan ajar melalui video conference terhadap 18 UPBJJ-UT. Dengan didasari pada teori komunikasi interpersonal, hyperpersonal, komunikasi instruksional, interaksi dalam pembelajaran dan konsep video conference sendiri, maka penelitian ini akan menganalisis bagaimana proses interaksi yang terjadi antara fasilitator yang berada di UT Pusat dengan peserta yang tersebar di 18 UPBJJ tersebut. Pendekatan interpretif digunakan untuk melihat bagaimana orang berinteraksi dengan yang lain, karena pendekatan interpretif ini adalah analisis yang sistematis dari makna terhadap tindakan sosial melalui observasi medalam secara natural untuk memperoleh suatu pemahaman dan interpretasi tentang bagaimana orang membangun dan memelihara dunia sosial mereka.(Neuman,2006). Dengan pendekatan interpretif dan metode kualitatif, maka penelitian ini menganalisis proses komunikasi instruksional yang terjadi dalam pelaksanaan video conference yang bersifat synchronous dan hyperpersonal, yang dilihat dari berbagai faktor yaitu: lingkungan, peserta didik, pengajar, dan hasil pembelajaran, kemudian juga dilihat proses pembentukan konsep diri dari proses interaksi yang terjadi melalui video conference.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_20.pdf
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Instruksional, Hyperpersonal, interaksi pembelajaran dan video conference
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication (Komunikasi)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 04 Nov 2016 08:37
Last Modified: 07 Feb 2019 03:10
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5517

Actions (login required)

View Item View Item