Dhewi, Ratna Marta and Hadiwidjaja, Rini Dwiyani (2014) Analisis Kritikal Bahan Ajar Pengantar Akuntansi (EKMA4115) Menggunakan Evaluasi Formatif. Project Report. Universitas Terbuka, Bogor.
|
Text
2014_21.pdf Download (658kB) | Preview |
Abstract
Sistem pembelajaran yang optimal bagi mahasiswa saat ini terus ditelaah dengan mencari metode yang paling tepat untuk memberikan tingkat pemahaman yang optimal dan mendukung pembelajaran secara mandiri. Tujuan jangka panjang penelaahan bahan ajar ini adalah untuk meningkatkan efektivitas kontribusinya pada pengembangan buku ajar dan ilmu pengetahuan bidang akuntansi. Target khusus yang ingin diselaraskan adalah pembenahan metode pendekatan dan instruksional serta efektifitas penguasaan materi pembelajaran yang meliputi kompleksitas teori dan aplikasi ilmu akuntansi dasar. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada mahasiswa yang mengambil matakuliah EKMA 4115 pada masa registrasi 2012.1 sampai dengan 2013.1 mereka kesulitan dalam memahami kompleksitas teori dan aplikasi bahan ajar EKMA 4115, sehingga mereka bergantung pada tutorial tatap muka (TTM). Mahasiswa yang mengikuti TTM memiliki tingkat pemahaman yang lebih baik dan mampu meraih nilai A dan B lebih besar (rata-rata 75,6%) daripada mahasiswa yang tidak mengikuti TTM (rata-rata 16%). Jarak persentase ini dikategorikan sangat jauh dan menjadi urgensi penelitian ini. Hal ini dapat mengindikasikan bahwa bahan ajar EKMA 4115 belum dapat dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa. Adapun bahan ajar yang baik dalam bentuk cetak maupun non cetak, mengandung isi pendidikan dengan teori pedagogi yang memudahkan peserta didik belajar mandiri (Suparman dkk, 2013). Sejalan dengan itu, urgensi penelitian ini merujuk tata sistem pendidikan jarak jauh berbasis kemandirian mahasiswa sejalan dengan SK Rektor No 3747/UN31/2013 pasal 3 bahwa nilai pendukung mata kuliah yang berupa nilai tutorial tatap muka (TTM) atau tutorial online (TUTON) atau praktek atau praktikum akan dihitung kontribusi nilainya terhadap nilai akhir mata kuliah hanya apabila nilai UAS mencapai ≥ 30. Oleh karena itu, rencana desain penelitian ini meliputi evaluasi efektivitas bahan ajar dan pengayaan metode sebagai antisipasi atas fenomena kegagalan pemahaman mahasiswa yang akan berdampak pada prestasi mereka di semester selanjutnya dimana mata kuliah Pengantar Akuntansi/EKMA 4115 adalah dasar konsep ilmu akuntansi.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2014_21.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, bahan ajar, akuntansi |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657.042 Elementary Level of Accounting (Dasar-dasar Akuntansi) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 08:44 |
Last Modified: | 28 Sep 2018 09:39 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5522 |
Actions (login required)
View Item |