ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS TERBUKA PADA UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) MATARAM

Susanto, Hery (2012) ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS TERBUKA PADA UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) MATARAM. Project Report. Universitas Terbuka, Mataram.

[img]
Preview
Text
2012_15.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan Program Pascasarjana (PPs) Universitas Terbuka (UT) masih berkembang untuk menemukan bentuk yang lebih baik dengan memperhatikan kondisi wilayah dan mahasiswa, serta tuntutan kualitas layanan akademik. Peningkatan jumlah mahasiswa peserta PPs-UT pada Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Mataram tentunya harus diikuti pula dengan peningkatan layanan akademik UPBJJ Mataram. Kepercayaan masyarakat akan menjamin kualitas akademik yang diberikan merupakan modal penting untuk senantiasa menjaga daya saing di tengah tingginya persaingan layanan jasa pendidikan PPs, khususnya di Mataram. Dengan adanya kualitas akademik yang baik, maka dapat memberikan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada mahasiswa Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan akademik (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap tingkat kepuasan mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Terbuka pada (UPBJJ) Mataram. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk menguji hipotesis antar variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Program Pascasarjana UT pada UPBJJ Mataram sebanyak 128 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 responden, sehingga tingkat pengembalian kuesioner (response rate) dalam penelitian ini adalah sebesar 83,93%. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi, baik dengan menggunakan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F) maupun uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, secara parsial indikator dimensi keterandalan (reliability), responsiveness dan assurance tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Hal ini disebabkan Program Pascasarjana Universitas Terbuka pada Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Mataram belum bisa melaksanakan pelayanan seperti yang diharapkan oleh mahasiswa. Sementara itu, indikator tangibles dan empathy secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Dari ke lima indikator tersebut dapat dilihat dimensi emphaty memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Terbuka pada Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Mataram. Kedua, secara simultan kualitas layanan akademik yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy mempunyai pengaruh signifikan yang sangat tinggi, yang artinya semakin tinggi kualitas pelayanan maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Terbuka pada Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Mataram. UPBJJ Mataram sebaiknya terus meningkatkan pelayanan maahsiswa dengan terus meningkatkan kualitas akademik, sehingga berdampak pada kenyamanan mahasiswa. Selain itu juga perlu melakukan peningkatan profesionalisme dan pengetahuan pegawai serta peningkatan fasilitas penunjang. Hal ini diperlukan untuk dapat meningkatkan kredibitas perguruan tinggi yang bersangkutan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_15
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan akademik, kepuasan mahasiswa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 01:18
Last Modified: 07 Nov 2016 01:18
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5558

Actions (login required)

View Item View Item