Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Bagi Jemaah Calon Haji pada Kantor Departemen Agama Kabupaten Lampung Utara

Ef, Nozi Efialis (2009) Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Bagi Jemaah Calon Haji pada Kantor Departemen Agama Kabupaten Lampung Utara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40637.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan bagi jemaah calon haji yang diberikan oleh Kantor Departemen Agama Kabupaten Lampung Utara. Sebanyak 50 responden diambil secara acak berstrata/berlapis dari 498 jemaah haji tahun 1429/2008 yang terdaftar di Kantor Departemen Agama Kabupaten Lampung Utara. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang terdiri 32 pertanyaan yang mencakup 4 aspek kualitas pelayanan ibadah haji, yaitu kecepatan, ketepatan, kemudahan dan keadilan. Data dianalisis secara Analisis Deskriptif dengan menggunakan metode Statistic Programming for Social Studies (SPSS). Dari hasil pengolahan data dengan metode SPSS diketahui bahwa nilai rata-rata persepsi masyarakat terhadap pelayanan bagi jemaah calon haji adalah cukup memuaskan. Diketahui juga bahwa tidak ada korelasi antara jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pekerjaan utama responden dengan persepsi responden terhadap pelayanan bagi jemaah calon haji pada masing-masing kategori persepsi. Selain itu, hasil analisis data tentang kualitas pelayanan menunjukkan bahwa kecepatan pelayanan mendapat skor 60,05% atau cukup memuaskan, ketepatan pelayanan mendapat skor 71,70% atau memuaskan, kemudahan pelayanan mendapat skor 72,25 atau memuaskan, dan keadilan dalam memberikan pelayanan mendapat skor 59,40% atau cukup memuaskan. Akumulasi dari 4 variabel persepsi menunjukkan bahwa 66,08% responden menyatakan bahwa kualitas pelayanan ibadah haji yang diberikan Kantor Departemen Agama Kabupaten Lampung Utara menyatakan cukup memuaskan. Selain itu, hasil analisis terhadap jawaban responden berdasarkan 32 pertanyaan yang yang digunakan dalam kuesioner penelitian menunjukkan bahwa 41,14% responden menjawab sangat memuaskan, 15,36% responden menjawab memuaskan, 21,28% responden menjawab cukup memuaskan, dan 22,21% responden menjawab tidak memuaskan. Untuk meningkatkan citra Kantor Departemen Agama Kabupaten Lampung Utara, disarankan agar manajemen pelayanan terhadap jemaah calon haji untuk diperbaiki mengingat persentase responden yang menjawab tidak memuaskan masih relatif besar, yaitu 22,21%. Perlu penelitian lanjutan, mengingat jumlah sampel yang digunakan relatif kecil dibandingkan jumlah jemaah calon haji.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40637.pdf
Uncontrolled Keywords: pelayanan bagi jemaah calon haji, persepsi, services for candidate jemaah haji, perception
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 02 Aug 2016 01:57
Last Modified: 02 Aug 2016 01:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item