Kesiapan Guru Untuk Melaksanakan Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Di Sekolah Dasar

Budiastra, A. A. Ketut and Purwoningsih, Tuti (2013) Kesiapan Guru Untuk Melaksanakan Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Di Sekolah Dasar. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_53.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan guru melaksanakan pembelajaran pembelajaran IPA berbasis inkuiri di SD, yang meliputi: (1) Faktor-faktor yang mendukung kesiapan guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan inkuiri di SD; (2) kendala-kendala yang dialami guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan inkuiri di SD; (3) Upaya-upaya yang telah dilakukan para guru SD untuk dapat melaksanakan pembelajaran dengan inkuiri di SD; dan (4) Untuk mengetahui kesiapan guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan inkuiri di SD. Penelitian ini menggunakan dominant less dominant design atau mixed method. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru SD. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 90 orang guru SD dari tiga (3) UPBJJ-UT. Dari sampel tadi, sebanyak 9 orang guru dari masing-masing UPBJJ-UT dikaji kesiapan mereka untuk merencanakan dan menerapkan RPP dalam proses pembelajaran IPA di kelas. Selanjutnya, 9 orang guru dari masing-masing UPBJJ-UT diwawancarai secara mendalam untuk mengetahui kesiapan mereka melaksanakan inkuiri dalam proses pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan hasil penilaian observasi mengajar, terlihat bahwa sebagian kecil guru sudah siap melaksanakan pembelajaran dengan inkuiri di SD. Selebihnya, bagian besar guru SD belum siap melaksanakan pembelajaran dengan inkuiri, hal ini terjadi karena adanya keterbatasan alat peraga sebagai pendukung terlaksananya pembelajaran IPA dengan inkuiri di SD. Selain itu, keterbatasan wawasan dan pemahaman tentang pentingnya pembelajaran IPA dengan inkuiri di SD merupakan satu penghambat diaplikasikannya pembelajaran IPA dengan inkuiri di SD. Implementasi pembelajaran IPA dengan inkuiri di SD perlu didukung dengan adanya alat peraga yang memadai, namun demikian yang lebih penting lagi perlu adanya perubahan mindset guru SD akan pentingnya pembelajaran dengan inkuiri di SD.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_53
Uncontrolled Keywords: kesiapan guru, inkuiri, alat peraga IPA
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
500 Natural Science and Mathematics > 500-509 Miscellany of Nature Sciences (Aneka Ragam tentang Ilmu Pengetahuan Alam) > 507 Education, Research (Pendidikan, Riset dan Topik Terkait di Bidang Ilmu Pengetahuan Alam)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 01:46
Last Modified: 07 Nov 2016 01:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5575

Actions (login required)

View Item View Item