Analisis Literasi Sains pada Buku Tematik Terpadu untuk Siswa SD/ MI Kelas IV Kurikulum 2013 (Studi Deskriptif Analitis terhadap Buku Teks Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Tema 1 Indahnya Kebersamaan)

Mariah, Yayah Siti (2014) Analisis Literasi Sains pada Buku Tematik Terpadu untuk Siswa SD/ MI Kelas IV Kurikulum 2013 (Studi Deskriptif Analitis terhadap Buku Teks Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Tema 1 Indahnya Kebersamaan). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_29.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sains mempunyai peran yang sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan umat manusia. Pelajaran sains diajarkan disekolah dari jenjang sekolah dasar sampai dengan jenjang sekolah tingkat atas. Pelajaran sains ini merupakan pelajaran utama dalam kurikulum pendidikan Indonesia khususnya pendidikan dasar yang diajarkan di sekolah dan dianggap sebagian besar peserta didik sebagai pelajaran yang sulit. Pelajaran sains disekolah diharapkan dapat menjadi bekal siswa saat terjun di masyarakat, yang mana meyongsong abad 21 ini tantangan kompetensi global semakin meningkat, semakin menuntut kualitas manusia yang berkemampuan dalam teknologi, menuntut manusia untuk lebih berfikir kritis, kreatif dan lebih cakap dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu dengan pelajaran sains disekolah diharapkan siswamendapat bekal yang cukup untuk menghadapi kompetensi global abad 21 tersebut. Griffin (2012) menyatakan bahwa dalam rangka memasuki abad 21 setiap individu harus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:1) way of thingking (cara berpikir) harus kreatif,inovatif, kritis, metakognisi, belajar untuk belajar; 2) way of working (cara bekerja) mengedepankan komunikasi dan kolaborasi; 3) tool of working(alat bekerja) banyak melibatkan melek informasi dan teknologi komunikasi; 4) living in the world (hidup dalam dunia) mempunyai ciri menjadi warga lokal yang mendunia (global),mempunyai kesadaran dan kompetensi kultural(Kartadinata,2013). Pelajaran sains pada hakekatnya merupakan upaya pemahaman, penyadaran, dan pengembangan nilai positif tentang hakekat sains atau hakikat IPA dan merupakan ilmu pengetahuan tentang fenomena alam yang meliputi produk, sikap dan proses. Pelajaran sains itu identik dengan pendidikan sains yang bertujuan meningkatkan kompetensi siswa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam berbagai situasi. Analisis buku pelajaran berfungsi sebagai salah satu penjamin meningkatnya kualitas hasil pendidikan (Tarigan dan Tarigan, 2010). Penelitiantentang analisis buku pelajaran sudah banyak dilakukan di Indonesia, baik berdasarkan kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, tingkat keterbacaan, kandungan keterampilan proses sains dan sebagainya, namun penelitian yang menganalisis buku berdasarkan literasi sains masih sangat jarang, terutama analaisis buku pelajaran sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai aspek literasi sains yang mencakup aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan (Science as abody of knowledge),sains sebagai jalan untuk menyelidiki (science as a way of Investigating), sains sebagai cara berpikir (science as away of thinking), dan Interaksi sains, teknologi dan masyarakat (Interaction of science, technology, and society)pada bukuteks siswa kelas IV SD/MI tema 3 “Peduli Terhadap Mahluk Hidup” yang dipergunakan dalam kurikulum 2013. Metode Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang mendeskripsikan analisis aspek literasi sains dalam buku tematik terpadu kurikulum 2013, khususnya buku yang digunakan untuk kelas IV SD/MI tema 3. Penelitian deskriptif (descriptive research) adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena – fenomena yang ada yang berlangsung saat ini atau saat lampau. Penelitian ini tidak mengadakan manipulasi atau perubahan pada variable variable bebas, tetapi menggambarkan suatu kondisi apa adanya (Sukmadinata,2012). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif untuk memahami aspek literasi sains. Pendekatan kualitatif merupakan suatu paradigma penelitian untuk mendeskripsikan peristiwa, perilaku orang atau suatu keadaan pada tempat secara rinci dan mendalam dalam bentuk narasi(Djam’an Satori dan Aan Komariyah, 2012).Pendekatan kualitatif digunakan karena penelitian ini bertujuan untuk menganalisa suatu buku teks, yang mana hal ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan tujuan penelitian yang telah ditentukan. Rancangan penelitian ini menggunakan teknik analisis isi atau dokumen (content or document analysis) untuk mengetahui gambaran karakteristik isi dan menarik inferensi dari isi. Berdasarkan rumusan tujuan, hasil dan pembahasan penelitian akan aspek - aspek literasi sains yang terdapat pada buku teks tematik terpadu kelas IV SD/MI kurikulum 2013 tema 3 “Peduli Terhadap Mahluk Hidup” menunjukan bahwa buku yang dianalisis sudah menyatukan semua aspek literasi sains, dengan demikian telah merefleksikan literasi sains namun proporsi aspek literasi sains yang dimunculkan tidak seimbang, hanya salah satu aspek literasi sains yang menonjol yakniaspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara garis besar buku yang dianalisis lebih banyak menampakan aspek sains sebagai batangtubuh ilmu pengetahuan dengan presentase sebesar 43,36 %, kemudian aspek sains sebagai jalan untuk menyelidiki sebesar 30,10 %, aspek sains sebagai cara untuk berpikir sebesar 18,36 % dan aspek interaksi sains teknologi dan masyarakat sangat rendah dibanding aspek literasi sains yang lainnya yaitu sebesar 8,16%. Dari 38 indikator pada keempat aspek literasi sains, indikator menyajikan fakta – fakta yang paling banyak muncul dibandingkan indikator yang lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_29.pdf
Uncontrolled Keywords: literasi, buku tematik, kurikulum 2013
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375 Curricula (Kurikulum)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 02:38
Last Modified: 11 Feb 2019 02:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5593

Actions (login required)

View Item View Item