Sudilah, and Siswati, Kus Anjar and Widiyono, Slamet (2012) Efektivitas Penerapan Process Writing Portfolio Program Secara Online Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FKIP UT Di UPBJJ Yogyakarta. Project Report. Universitas Terbuka, Yogyakarta.
|
Text
2012_33.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (Action Based Research) dengan tujuan mengetahui efektivitas penerapan Process Writing Portfolio Program yang dilaksanakan secara online dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Semula penelitian ini melibatkan 10 orang mahasiswa jurusan Bahasa Inggris FKIP UT- UPBJJ Yogyakarta yang pada masa registrasi 2012.1 sedang mengambil mata kuliah Writing 1. Namun, setelah siklus I responden nomor 5 dan 9 berhenti mengirimkan tugasnya, sehingga sampai siklus akhir jumlah responden tinggal 8 orang. Data penelitian ini berupa karangan deskripsi dari 8 mahasiswa terebut yang dikumpulkan melalui email sudilah@ut.ac.id sebanyak 4 tahapan kegiatan. Tahap pertama adalah siklus awal, dilakukan sebelum Process Writing Portfolio Program diterapkan. Siklus awal dimaksudkan untuk mengambil data kemampuan awal menulis mahasiswa. Tahap berikutnya, Siklus I, II, dan III, merupakan pelaksanaan penerapan Process Writing Portfolio Program. Setiap siklus meliputi 4 tahapan kegiatan, yaitu plan, action, observation, dan reflection. dengan mengikuti 5 langkah kegiatan Process Writing Portfolio Prgram: brainstorming, first draft, feedback, revise and edite, dan final copy. Nilai yang diambil dari setiap siklus terdiri dari 4 unsur yaitu nilai dari brainstorming, first draft writing, editing dan final copy dianalisis secara deskriptif. Selanjutnya, untuk mengetahui signifikansi peningkatan kemampuan menulis mahasiswa setelah menggunakan Process Writing Portfolio Program digunakan Wilcoxson Signed Ranks Test dan Scoring Scale for Compositions. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Process Writing Portfolio Program secara online efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Dari siklus awal ke siklus I rata-rata peningkatan kemampuan menulis mahasiswa mencapai 6,51. Sedang setelah penerapan program, peningkatan kemampuan menulis mahasiswa dari siklus awal ke siklus I, II, dan III menurut hasil analisis dengan Wilcoxson Signed-Ranks Test masing-masing adalah : 1) Z= 2.380 dengan p=.017 (p<0.05), 2) Z=2.524 dengan p=.012 (p<0.05), dan 3) Z=2.524 dengan p=.012 (p<.0.05). Artinya semua peningkatan tersebut tergolong signifikan. Namun, meskipun peningkatan skornya signifikan, berdasarkan Scoring Scale for Compositions, semua karangan mahasiswa masih belum layak dipublikasikan karena masih memerlukan beberapa perbaikan. Peningkatan yang dicapai baru berada pada kategori 3 yang ketentuannya berbunyi : good work, some grammatical mistakes an important idea missing, or not well developed, awkward sentences, publishable with more work. Artinya, karangan tersebut masuk dalam kategori baik, tetapi belum bisa langsung dipajang atau dipublikasikan karena masih terdapat beberapa kesalahan gramatikal, ide pokok yang belum dikembangkan dengan baik, kalimat-kalimat yang janggal. Agar bisa dipajang atau dipublikasikan karangan tersbut masih perlu diperbaiki.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2012_33 |
Uncontrolled Keywords: | PROCESS WRITING PORTFOLIO, menulis |
Subjects: | 400 Language > 420-429 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 421 Writing System (Sistem Tulisan dalam Bahasa Inggris, Penulisan dalam Bahasa Inggris) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 02:54 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 09:33 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5607 |
Actions (login required)
View Item |