Hubungan Pelaksanaan TTM ATPEM Mata Kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup/ PEBI 4223 Dan Kesiapan Belajar Mahasiswa Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa S1 PGSD Di UPBJJ UT Surakarta

Supadmi, and Harsasi, (2012) Hubungan Pelaksanaan TTM ATPEM Mata Kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup/ PEBI 4223 Dan Kesiapan Belajar Mahasiswa Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa S1 PGSD Di UPBJJ UT Surakarta. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2012_35.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan : (1) Pelaksanaan TTM atpem PLH dengan prestasi belajar mahasiswa S1 PGSD, (2) Kesiapan belajar mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa S1 PGSD, dan (3) Pelaksanaan TTM atpem PLH dan kesiapan belajar mahasiswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar mahasiswa S1 PGSD. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah UPBJJ UT Surakarta. Metode yang digunakan adalah metode yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi penelitian ini mahasiswa S1 PGSD semester 10 TTM atpem PLH, sampel berjumlah 165 mahasiswa yang diperoleh dengan multistage random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, nilai UAS, nilai Tugas Tutorial sebagai data prestasi belajar mahasiswa. Uji coba instrumen dilakukan sebelum angket digunakan untuk mencari data. Penentuan validitas soal digunakan rumus korelasi Product moment, sedangkan validitas soal menggunakan rumus Alpha Cronbach. Di samping uji statistik, juga diuji dengan validitas konstruk yaitu menggunakan pemahaman nyata. Teknik analisis data untuk menguji tiga hipotesis penelitian, yaitu menggunakan teknik regresi dan korelasi. Analisis regresi untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel. Analisis korelasi untuk mengetahui derajat hubungan antar variabel. Uji persyaratan dalam analisis data, adalah uji normalitas dengan teknik Lilliefors, uji signifikansi dan linieritas regresi dengan teknik anova. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) ada hubungan positif dan signifikan antara kinerja tutor dengan prestasi belajar mahasiswa, (2) ada hubungan positif dan signifikan antara aktivitas belajar mandiri dengan prestasi belajar mahasiswa, dan (3) ada hubungan positif dan signifikan antara kinerja tutor dan aktivitas belajar mandiri secara bersama-sama dengan prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_35
Uncontrolled Keywords: kinerja tutor, belajar mandiri mahasiswa, prestasi belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 03:03
Last Modified: 09 Jul 2018 08:58
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5611

Actions (login required)

View Item View Item