ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN INFORMASI TERHADAP KEPUASAN CALON MAHASISWA (Survey terhadap Calon Mahasiswa Program Non-Pendas di UPBJJ-UT Bandung Masa Registrasi 2014.1)

Permana, Didi and Taufik, Moh. (2014) ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN INFORMASI TERHADAP KEPUASAN CALON MAHASISWA (Survey terhadap Calon Mahasiswa Program Non-Pendas di UPBJJ-UT Bandung Masa Registrasi 2014.1). Project Report. Universitas Terbuka, Bandung.

[img]
Preview
Text
2014_35.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) sebagai unit pelaksana teknis Universitas Terbuka di daerah yang mempunyai fungsi dan tugas sebagai tempat mahasiswa untuk melakukan kegiatan administrasi akademik dan kegiatan akademik. UPBJJ-UT Bandung dalam pelaksanaannya dengan membuat pedoman kerja, salah satunya memberikan layanan informasi kepada calon mahasiswa dalam penerimaan mahasiswa baru program Non-Pendas. Layanan informasi sebagai pintu gerbangnya suatu lembaga harus dapat memberikan kepuasan pelanggan, harus menjadi salah satu faktor yang penting dan menjadi muara kecil dalam segala aktifitas pemasaran , karena apabila pelanggan merasa puas maka akan mempengaruhi teman atau rekannya mengenai produk yang ditawarkan, sehingga akan mendatangkan pelanggan baru, tetapi memberikan kepuasan kepada pelanggan itu tidaklah mudah karena setiap pelanggan mempunyai persepsi terhadap kualitas yang diberikan. Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas produk, kualitas pelayanan, faktor emosi, harga dan biaya. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui besarnya pengaruh kualitas dimensi bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan dimensi kualitas empati (empathy) serta pengaruh secara simultan dimensi layanan informasi dalam memberikan kepuasan terhadap calon mahasiswa program Non-Pendas masa registrasi 2014.1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik statistik inferensial, Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner atau angket kepada calon mahasiswa baru program Non-Pendas yang langsung mendaftar ke bagian layanan informasi di UPBJJ-UT Bandung sebanyak 129 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa 1). Kualitas bukti fisik (tangibles) layanan informasi termasuk kategori cukup tinggi (0,469) dan pengaruhnya sebesar 22,00%. 2). Kualitas keandalan (reliability) layanan informasi termasuk kategori cukup tinggi (0,558) dan pengaruhnya sebesar 31,10%. 3). Kualitas daya tanggap (responsiveness) termasuk kategori cukup tinggi (0,414) dan pengaruhnya sebesar 17,20%. 4). Kualitas jaminan (assurance) termasuk kategori cukup (0,449) dan pengaruhnya sebesar 20,20%. 5). Kualitas empati (empathy) termasuk kategori cukup tinggi (0,574) dan pengaruhnya sebesar 33,00%. 6). Kualitas dimensi layanan informasi secara bersama (simultan) termasuk kategori tinggi (0,655) dan pengaruhnya sebesar 42,90%, yang merupakan pengaruh dari bukti fisik (tangibles) sebesar 10,74%, keandalan (reliability) sebesar 10,10%, daya tanggap (responsiveness) sebesar 4,14%, jaminan (assurance) sebesar 7,27%, dan pengaruh dari empati (empathy) sebesar 25,20%, sedangkan sisanya sebesar 57,10% merupakan pengaruh dari luar kualitas layanan kualitas informasi seperti latar belakang pendidikan dan tempat tinggal calon mahasiswa, motivasi masuk ke UT. Direkomendasikan kualitas dimensi layanan informasi untuk ditingkatkan lagi agar kepuasan calon mahasiswa tinggi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_35.pdf
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan Informasi, Kepuasan calon mahasiswa, Program Non-Pendas
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 03:43
Last Modified: 07 Nov 2016 03:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5633

Actions (login required)

View Item View Item