Model Otomatisasi Sistem Tanya Jawab Materi Kuliah Berbasis Auto-FAQ Untuk Meningkatkan Layanan Tutorial Online Pada Pendidikan Jarak Jauh

Daulay, Pardamean and Zaman, Badrus (2013) Model Otomatisasi Sistem Tanya Jawab Materi Kuliah Berbasis Auto-FAQ Untuk Meningkatkan Layanan Tutorial Online Pada Pendidikan Jarak Jauh. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_62.pdf

Download (960kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model otomatisasi sistem tanya jawab antara mahasiswa dan tutor pada kegiatan tutorial online (tuton) melalui pemanfaatan Auto-FAQ. Sistem ini sangat perlu dikembangkan, mengingat saat ini semakin banyak mahasiswa UT yang berminat dan memanfaatkan layanan tuton, sehingga dikhawatirkan kedepan tutor tuton tidak mampu memberikan jawaban kepada masing-masing mahasiswa secara intensif. Target khusus yang hendak dicapai adalah prototype sistem tanya jawab yang dapat memberikan jawaban secara otomatis kepada mahasiswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian dalam dua tahap. Pada tahun pertama, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh mahasiswa, membuat kunci jawaban dan mendokumentasikannya dalam bentuk sistem FAQ. Metode content analysis (analisis isi) digunakan untuk memperoleh daftar pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh mahasiswa pada forum diskusi tuton. Pada tahun kedua, penelitian bertujuan untuk mengembangan sistem tanya jawab materi kuliah berbasis Auto-FAQ yang dapat menganalisa pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa dan secara otomatis dapat menampilkan jawaban sesuai dengan daftar pertanyaan yang telah dibuat pada penelitian tahun pertama. Subyek penelitian adalah mahasiswa sebagai subjek pengguna, teman sejawat dan pakar dan praktisi teknologi komputer visual dan sistem informasi sebagai validator. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatof dan kualitatif dengan mengacu kepada pendapat Miles dan Huberman (1992), yang membagi tiga alur kegiatan analisis data, dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pengamatan terhadap aktivitas tuton yang berlangsung selama ini, khususnya kegiatan tanya-jawab materi perkuliahan dalam forum diskusi belum maksimal karena tutor sering terlambat merespon pertanyaan atau tanggapan terhadap mahasiswa. Hal ini bisa disebabkan tugas seorang tutor di UT tidak saja berkaitan dengan kegiatan bidang akademik, tetapi juga dituntut memberikan layanan non akademik, bahkan kegiatan non akademik terkadang porsinya jauh lebih besar. Meskipun demikian, jumlah pertanyaan yang diajukan mahasiswa selama pelaksanaan tuton MPS masa registrasi 2013.1 adalah 49 buah, dimana kecenderungan materi kuliah yang paling banyak ditanyakan adalah teknik penarikan sampel sebanyak 10 (20,40%), teknik pengumpulan data 8 pertanyaan (16,32%), pengolahan data serta materi validitas dan reabilitas masing-masing 6 pertanyaan (12,24%), populasi dan sampel 5 pertanyaan (10,20%), laporan penelitian 4 pertanyaan (8,16%), dan variabel penelitian 3 pertanyaan (6,12%).

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_62
Uncontrolled Keywords: Otomatisasi; Pendidikan Jarak Jauh
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 03:49
Last Modified: 25 Sep 2018 06:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5641

Actions (login required)

View Item View Item