Pengembangan Kegiatan dan Penilaian Praktikum Program Pendidikan Biologi pada Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh

Sapriati, Amalia and Sekarwinahyu, Mestika (2014) Pengembangan Kegiatan dan Penilaian Praktikum Program Pendidikan Biologi pada Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Project Report. Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
2014_234.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan menggunakan rancangan penelitian Reasearch and Development (R & D). Tujuan khusus penelitian adalah mendapatkan (a) pola peta kompetensi, pengalaman belajar praktikum, dan metode penilaian yang relevan, (b) suatu rancangan program praktikum untuk mahasiswa S1 Pendidikan Biologi, dan (c) 3 (tiga) prototipe program praktikum noncetak. Manfaat penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas konten dan pelaksanaan praktikum serta meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa. Penelitian dilakukan di Universitas Terbuka dan Perguruan Tinggi Mitra pada bulan Maret sampai dengan November 2014. Sumber informasi dan responden pada penelitian ini adalah 5 orang dosen dan 61 orang mahasiswa. Informasi dan data dikumpulkan dengan menggunakan analisis dokumen, wawancara, angket dan tes. Hasil utama penelitian berupa (1) pengelompokkan dan penjelasan jenis kegiatan praktikum berdasarkan kompetensi, yang akan dicapai yang terdiri atas praktikum (a) yang memerlukan lab dan instruktur, (b) yang tidak di lab namun memerlukan instruktur, (c) yang dapat dilaksanakan secara mandiri memerlukan kit (harus disediakan kitnya), (d) yang dapat dilaksanakan secara mandiri dengan alat dan bahan yang mudah didapat mahasiswa di sekitar lingkungan hidupnya, dan (e) yang dapat diganti simulasi program dry lab sehingga praktikum realnya tidak diperlukan lagi; (2) pengengelompokkan dan penjelasan jenis praktikum berdasarkan cara penilaian praktikum yang relevan kompetensi, yang teridi atas praktikum (a) yang perlu penilaian terhadap aspek pemahaman prosedur dan keselamatan kerja, (b) yang perlu penilaian terhadap aspek kesiapan praktik, (c) yang perlu penilaian terhadap aspek proses kerja, (d) yang perlu penilaian terhadap aspek hasil kerja (pengamatan), (e) yang perlu penilaian terhadap aspek perilaku selama melakukan praktikum, dan (f) yang perlu penilaian terhadap aspek lapora; (3) prototipe 3 program noncetak praktikum yaitu untuk topik praktikum Laju Respirasi Hewan, Simetri dan Rumus Bunga, dan Menentukan Jenis Kelamin Lalat Buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap prototipe program yang dihasilkan sudah baik, namun mereka mengharapkan adanya penyempurnaan untuk penjelasan alat dan bahan praktikum, prosedur praktikum, dan tampilan pada program noncetak berupa bahan sebenarnya (realia). Pemahaman mahasiswa untuk ketiga materi yang tercantum pada program tersebuh sudah baik (skala 3 dari skala 4).

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_234
Uncontrolled Keywords: praktikum, penilaian praktikum, biologi, sistem PTJJ
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.598 Higher Education in Indonesia (Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 04:01
Last Modified: 07 Nov 2016 04:01
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5648

Actions (login required)

View Item View Item