Analisis Persepsi Pelanggan terhadap Pelayanan di RS. Bina Sehat Jember

Priyanto, Agus and Kuncoro, Setyo and Hasanuddin, (2014) Analisis Persepsi Pelanggan terhadap Pelayanan di RS. Bina Sehat Jember. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_39.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan Rumah Sakit Bina Sehat Jember menciptakan pelayanan yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan telah membawa rumah sakit ini mampu bertahan dalam persaingan jasa pelayanan kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilannya meraih penghargaan sebagai 30 Top Leader Business dan Companies Award 2012, kategori Top Hospital in Service Excellence of The Year pada 17 Februari 2012 di Le Meridian Hotel Jakarta. Prestrasi yang diraih oleh Rumah Sakit Bina Sehat Jember ini menarik peneliti untuk melakukan penelitian di rumah sakit tersebut terkait dengan bagaimana persepsi pengguna jasa terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Dengan mengacu pada prestasi yang dicapai oleh Rumah Sakit Bina Sehat Jember, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang disampaikan oleh pihak pengelola rumah sakit. Dalam penelitian ini, pengambilan data dilakukan menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 75 responden dan setelah melalui seleksi hanya 50 responden yangn memenuhi syarat. Guna mendukung analisis data primer, digunakan pula data sekunder yang diambil dari berbagai referensi ilmiah yang relevan dengan topik penelitian ini. Adapun teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah Customes Satisfaction Indeks (CSI) guna memperoleh skor tingkat kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil analisis dengan CSI yang menggunakan skala interval 0-7 didapatkan hasil bahwa indeks kepuasan pelanggan berada pada angka 6,49 yang berarti responden sangat puas terhadap kualitas pelayanan di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Bina Sehat Jember.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_39.pdf
Uncontrolled Keywords: persepsi pelanggan, pelayanan RS. Bina Sehat Jember
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.8342 Consumer Behavior (Perilaku Konsumen)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 04:21
Last Modified: 21 Jan 2019 02:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5660

Actions (login required)

View Item View Item