Evaluasi Pelaksanaan Pemantapan Kemampuan Profesional Mahasiswa S1 PG PAUD FKIP UT di Kabupaten Wonosobo

Haryati, Yuli and Ismartoyo, and Wahyuni, Dwi Ari (2012) Evaluasi Pelaksanaan Pemantapan Kemampuan Profesional Mahasiswa S1 PG PAUD FKIP UT di Kabupaten Wonosobo. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2012_54.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) mahasiswa S1 PG PAUD FKIP UT di Kabupaten Wonosobo.Adapun sasaran evaluasi dari tujuan penelitian tersebut yaitu untuk: (1) memperoleh gambaran kemampuan mahasiswa dalam menerapkan prinsip-prinsip PTK; (2) mengetahui kemampuan supervisor dalam melaksanakan bimbingan apakah sudah sudah sesuai dengan prosedur pola pembimbingan PKP; (3) mengetahui kemampuan supervisor 2 dalam membimbing mahasiswa dilapangan. Penelitian ini merupakan evaluasi yang berfungsi yang berfungsi sebagai bahan pertimbangan untuk untuk menentukan kebijakan, khususnya pelaksanaan pembimbingan PKP yang akan datang. Desai penelitian evaluasi ini adalah Korelasional,maksudnya tidak menghipotesiskan secara khusus mengenai adanya hubungan kausal, melainkan hanya hubungan yang asosiatif. Adapun alasan dari penggunaan desain tersebut karena penelitian ini akan mengevaluasi pelaksanaan PKP dengan menerapkan pola pembimbingan yang baru. Penelitian ini akan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner sebagai metode pokoknya, wawancara dan observasi serta dokumentasi sebagai pelengkapnya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif untuk pengolahan data hasil hasil wawancara maupun observasi, sedangkan analisis data kuantitatif untuk pengolahan data hasil kuesioner yang terkumpul. Dari penelitian evaluasi ini dihasilkan: (1)Pembimbingan PKP dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan panduan; (2) Pembimbingan PKP dilaksanakan dilokasi tutorial yang telah ditentukan,apabila belum selesai dilanjutkan diluar jadwal tutorial; (3) Setiap pelaksanaan siklus/skenario perbaikan direfleksi berdasarkan masukan dari supervisor 2; (4) Penilaian siklus 1dan 2 dilaksanakan oleh supervisor 2 dan penilai dengan menggunakan APKG 1 dan 2 disekolah masing-masing; (5) Semua mahasiswa melaksanakan simulasi perbaikan pengembangan yang dinilai supervisor 1

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_54
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kemampuan guru, mahasiswa pg paud
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 04:28
Last Modified: 18 Oct 2018 06:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5665

Actions (login required)

View Item View Item