PENGEMBANGAN MODEL PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTA TANGERANG SELATAN

Hidayat, Anto (2014) PENGEMBANGAN MODEL PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTA TANGERANG SELATAN. Project Report. Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
2014_241.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini akan dirumuskan model pelayanan kesehatan di Puskesmas yang berpihak kepada masyarakat. Tujuan khusus penelitian ini adalah pengembangan model partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan di Puskesmas. Model yang dikembangkan dapat menjadi wadah bagi partisipasi masyarakat di Kota Tangerang Selatan dalam rangka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang adil dan berkualitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu telaah dokumen, pengamatan lapangan, dan wawancara dengan para informan, yaitu meliputi aparatur pemerintah daerah (dinas kesehatan, kepala Puskesmas, dan petugas Puskesmas) Kota Tangerang Selatan, wakil kelompok/organisasi profesi/Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang pelayanan publik, kader kesehatan, dan pengguna layanan Puskesmas. Pada tahun pertama, hasil penelitian yang diharapkan adalah diperolehnya gambaran tentang partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan di Puskesmas, yaitu pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penyelenggaraan layanan, serta mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat tingkatan partisipasi masyarakat. Hasil temuan yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pelayanan penyelenggaraan pelayanan kesehatan di Puskesmas belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Hal ini ditandai dengan belum adanya maklumat pelayanan sebagai indikasi keikutsertaan masyarakat dalam penyelenggaraan layanan. Namun demikian, pada prakteknya secara parsial komponen-komponen yang merupakan bagian dari maklumat pelayanan sudah diaplikasikan. Komponen maklumat pelayanan ditandai dengan adanya standar pelayanan minimal, alur pelayanan, dan tersedianya kotak pengaduan dan nomor telepon untuk menampung keluhan, kritik, dan saran. Partisipasi masyarakat juga diwujudkan dengan melibatkan kader-kader kesehatan di tingkat RT dan kelurahan, meskipun masih berpusat pada layanan di luar gedung. Penelitian ini merekomendasikan untuk pengembangan lebih lanjut model partisipasi masyarakat dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Kota Tangerang Selatan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_241
Uncontrolled Keywords: partisipasi masyarakat, pelayanan publik, Puskesmas
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 07:02
Last Modified: 07 Nov 2016 07:02
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5699

Actions (login required)

View Item View Item