Kemampuan Guru SD dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Sekolah

Munasik, and Sukiniarti, (2012) Kemampuan Guru SD dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Sekolah. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2012_94.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna serta memberikan keuntungan bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru SD kelas rendah terhadap penerapan pembelajaran tematik dalam pembelajaran; kendala yang dihadapi guru SD kelas rendah dalam mengembangkan RPP, memilih media, dan metode pembelajaran tematik yang tepat; implikasi pembelajaran tematik terhadap guru, siswa, dan lainnya terhadap penerapan pembelajaran tematik di kelas rendah. Hasil dari penelitian ini adalah 80% mahasiswa merasa senang bahwa KTSP telah memberlakukan model pembelajaran tematik bagi siswa kelas rendah, dan 67% setuju bahwa Pembelajaran dengan model tematik sangat cocok untuk diterapkan pada siswa kelas rendah. Sebanyak 80% menyatakan kurang setuju dengan diberikannya kewenangan bagi sekolah dan satuan untuk mengembangkan pembelajaran sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik, maka tugas Anda menjadi semakin berat. Guru mempunya kesulitan dalam mengembangkan RPP tematik, 80% membuat RPP secara bersama-sama. Dan 65% menyatakan kesulitan dalam menentukan jenjang kemampuan dalam menyusun soal evaluasi, merupakan kendala yang ditemui dalam mengembangkan RPP tematik . Berkaitan dengan pemilihan tema dan media, 70% diantaranya sangat setuju bahwa memilih tema dan menentukan media apa yang paling tepat pada pembelajaran tematik, tidak dapat dilakukan secara sembarang. Namun 64% menyatakan bahwa Tema tentang lingkungan merupakan materi yang paling mudah dalam menentukan medianya 90% menyatakan setuju bahwa melalui pembelajaran tematik, pemahaman siswa terhadap materi pelajaran menjadi meningkat dan Pembelajaran melalui tematik tidak membuat siswa menjadi hanya duduk, dengar, catat, dan hapal (DDCH).

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_94
Uncontrolled Keywords: guru sd, pembelajaran tematik
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 01:46
Last Modified: 22 Feb 2019 07:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5766

Actions (login required)

View Item View Item