KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI LAGU Sebuah Studi Korelasional antara Sikap terhadap Mata Kuliah Keterampilan Musik dan Tari (PAUD 4402) dengan Kemampuan Membaca Notasi Lagu di UPBJJ-UT Jakarta

Nurhayati, Aay and Riady, Yasir (2012) KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI LAGU Sebuah Studi Korelasional antara Sikap terhadap Mata Kuliah Keterampilan Musik dan Tari (PAUD 4402) dengan Kemampuan Membaca Notasi Lagu di UPBJJ-UT Jakarta. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2012_95.pdf

Download (855kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kemampuan membaca notasi lagu terhadap mata kuliah keterampilan musik dan tari (Paud 4402). Penelitian ini dilakukan Pokjar SMPN Negeri 47 Jakarta, dan Pokjar SMK Negeri 5 Jakarta, antara bulan April hingga November. Metode penelitian menggunakan metode survey. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca notasi lagu berupa pilihan ganda. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, didapatkan nilai rerata hasil keterampilan musik dan tari sebesar 33,86. Nilai rerata hasil keterampilan menuliskan notasi lagu sebesar 37,39. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas Liliefors, diperoleh L0 maksimal untuk keterampilan menulis notasi lagu sebesar 0,097, L0 maksimal untuk keterampilan musik dan tari sebesar 0,149, sedangkan L tabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 0,161. Lhitung < Ltabel, maka sampel berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas dengan menggunakan uji Barlet diperoleh X02 hitung sebesar 11,58 dan Xt2 pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 43,77, karena X02 < Xt2 atau 11,58< 43,77, maka sampel dalam penelitian memiliki varians yang homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung sebesar 5,83, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 1,67. Koefisien regresi sebesar 0,314. Karena thitung > ttabel berarti hal ini memberi hubungan positif antara sikap terhadap keterampilan mata kuliah musik dan tari dengan kemampuan menbaca notasi lagu. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dibuat generalisasi bahwa kemampuan membaca notasi lagu mahasiswa S1 PGPAUD di UPBJJ-UT Jakarta dapat ditingkatkan melalui sikap mahasiswa terhadap mata kuliah keterampilan musik dan tari

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2012_95
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca notasi lagu – sikap – keterampilan musik dan tari
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School (Pendidikan Pra Sekolah)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 01:53
Last Modified: 08 Nov 2016 01:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5769

Actions (login required)

View Item View Item