Puspitasari, Susy and Budiastra, A. A. Ketut (2012) KESIAPAN MAHASISWA S1 PGSD UNIVERSITAS TERBUKA UNTUK MENULIS KARYA ILMIAH SEBAGAI PRASYARAT KELULUSAN STUDI. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2012_99.pdf Download (757kB) | Preview |
Abstract
Dengan dikeluarkannya Edaran Dirjen Dikti Nomor 152/E/T2012 tertanggal 27 Januari 2012 tentang Publikasi Karya Ilmiah, telah menimbulkan pro dan kontra di kalangan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Sebagian dari mereka mendukung dikeluarkannya edaran tersebut. Sementara itu, sebagian lagi merasa keberatan apabila edaran itu diberlakukan. Terlepas dari pendapat pro dan kontra terhadap edaran Dirjen Dikti tersebut, perlu dikaji kesiapan mahasiswa, khususnya kesiapan mahasiswa Program S1 PGSD UT untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah. Sampai dengan tahun 2012, mahasiswa Program S1 PGSD merupakan bagian terbesar dari mahasiswa UT. Jumlah mahasiswa aktif Program Pendidikan Dasar (Pendas) pada masa registrasi 2012.1 adalah sebanyak 446.665 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesiapan mahasiswa Program S1 PGSD UT untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program S1 PGSD UT semester 10. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian meliputi mahasiswa sebanyak 103 orang yang berasal dari tiga (3) UPBJJ, yaitu UPBJJ-UT Jakarta, Serang, dan Bogor. Selain itu, juga dilakukan wawancara dengan dua (2) orang tutor, satu (1) orang pengelola di UPBJJ, dan dua (2) orang pengelola Program S1 PGSD di FKIP-UT berkenaan dengan kesiapan mahasiswa Program S1 PGSD untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah sebagai salah satu persyaratan kelulusan studi mereka. Penelitian ini direncanakan mulai dari Februari s.d. Maret 2012 dan mulai dilaksanakan dari bulan April sampai dengan bulan Desember 2012. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) Struktur kurikulum dengan berbagai kompetensi dan keterampilan yang dilatihkan kepada para guru, dirasakan sangat menunjang kesiapan mereka untuk menulis atau menghasilkan sebuah karya ilmiah; (2) Tugas-tugas dalam tutorial tatap muka (TTM) dirasakan sangat bermanfaat oleh guru/mahasiswa untuk menulis dan menghasilkan sebuah karya ilmiah; (3) Berbagai produk tutorial khususnya laporan PTK, PKP, Penulisan Karya Ilmiah sangat membantu para guru untuk menulis dan menghasilkan sebuah karya ilmiah. Namun demikian, tugas-tugas atau produk-produk tadi akan lebih terasa manfaatnya apabila ada kewajiban bagi mereka untuk membuatnya; (4) Berbagai kendala masih dialami oleh para guru dalam menulis karya ilmiah antara lain keterbatasan wawasan; waktu untuk menulis; minimnya referensi; terbatasnya waktu bimbingan; kekurangjelasan materi yang disampaikan tutor; kesulitan untuk menemukan ide/bahan yang akan ditulis, belum terampil dalam menulis. Selain itu, sebagian dari mereka merasa kurang terampil dalam mengoperasikan komputer untuk mendukung dalam penulisan karya ilmiah; (5) Kesulitan untuk memulai menulis KI, kesulitan untuk menemukan ide/bahan yang akan ditulis, terbatasnya kemampuan untuk menggunakan internet, serta minimnya dukungan sarana dan prasarana untuk menulis karya ilmiah, juga dirasakan sangat menghambat mereka untuk menulis dan menghasilkan sebuah karya ilmiah; dan (6) Kesulitan untuk memulai menulis KI, kesulitan untuk menemukan ide/bahan yang akan ditulis, terbatasnya kemampuan untuk menggunakan internet, serta minimnya dukungan sarana dan prasarana untuk menulis karya ilmiah, juga dirasakan sangat menghambat mereka untuk menulis dan menghasilkan sebuah karya ilmiah. Berdasarkan kesimpulan tadi, dari hasil kajian ini dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut: (1) Agar kemampuan untuk menulis dan untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah menjadi proses pembiasaan bagi mereka, maka pemenuhan kewajiban bagi mereka untuk menghasilkan tugas-tugas setelah mengikuti tutorial tatap muka (TTM) antara lain tugas-tugas matakuliah PTK, PKP, Penulisan Karya Ilmiah perlu lebih diintensifkan dan diberikan bimbingan serta arahan yang memadai; dan (2) Agar dapat menghasilkan sebuah karya ilmiah yang bermutu, maka tutor juga perlu dibekali dengan kemampuan yang memadai agar dapat melaksanakan proses pembimbingan dengan baik
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2012_99 |
Uncontrolled Keywords: | kesiapan mahasiswa, edaran Dirjen Dikti, karya ilmiah |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378 Higher Education, Universities (Pendidikan Tinggi, Unversitas) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 02:12 |
Last Modified: | 08 Nov 2016 02:12 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5780 |
Actions (login required)
View Item |