Pengaruh Kualitas Pesan, Daya Tarik Iklan, dan Tagline terhadap Kesadaran Merek yang Dimediasi oleh Efektivitas Iklan UT

Maria, Maya and Harsasi, Meirani (2013) Pengaruh Kualitas Pesan, Daya Tarik Iklan, dan Tagline terhadap Kesadaran Merek yang Dimediasi oleh Efektivitas Iklan UT. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_89.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Jumlah perguruan tinggi di Indonesia, menunjukkan tingkat pertumbuhan yang luar biasa. Kosekuensinya, tingkat persaingan antar perguruan tinggi untuk mendapatkan mahasiswa semakin tinggi. Program studi perlu menawarkan dan mengomunikasikan value untuk menanamkan persepsi dan meningkatkan brand awareness (kesadaran merek) masyarakat luas, serta untuk membangun citra perguruan tinggi dalam jangka panjang. Kegiatan sosprom UT sebenarnya ingin menanamkan kesadaran bahwa UT dengan mengusung tagline “making higher education open to all”, dimana persepsi yang ingin dibangun adalah UT merupakan perguruan tinggi yang modern, fleksibel, biaya terjangkau (affordable) dan berkualitas. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh daya tarik iklan UT dan penggunaan tagline iklan, terhadap efektifitas program iklan UT, disamping untuk mengetahui pengaruh efektivitas iklan UT terhadap kesadaran merek UT. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UT yang diasumsikan pernah melihat atau mendengar iklan UT melalui berbagai media iklan. Sampling method dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu mahasiswa UT semester satu karena tujuan akhir penelitian adalah mengetahui kesadaran merek mahasiswa UT. Penelitian ini menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software LISREL 9.1. Untuk keperluan analisis secara kuantitatif, penentuan skor untuk setiap item kuesioner digunakan skala Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif antara kualitas iklan terhadap efektivitas iklan. Demikian juga ada pengaruh positif antara efektivitas iklan terhadap kesadaran merek. Namun demikian daya tarik iklan tidak mempengaruhi efektivitas iklan. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa daya tarik iklan UT dianggap kurang oleh mahasiswa. Untuk meningkatkan daya tarik tersebut, UT dapat memanfaatkan penggunaan endorser yang lebih menarik, iklan yang memiliki daya tarik yang baik dapat meningkatkan efektivitas iklan sehingga mampu meningkatkan kesadaran merek. Diketahui kualitas iklan memiliki pengaruh terbesar diantara variabel independen lainnya. Untuk itu, UT perlu untuk selalu menjaga kualitas iklan yang dibaca atau dilihat oleh masyarakat melalui berbagai media yang menarik perhatian.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_89
Uncontrolled Keywords: Kualitas Iklan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 02:18
Last Modified: 11 Feb 2019 02:56
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5783

Actions (login required)

View Item View Item