Peran Mahasiswa Dan Peran Tutor Dalam Pelaksanaan Tutorial Online Mata Kuliah Teori Belajar Dan Pembelajaran

Puspitasari, Susy and Hamdani, Mailani (2013) Peran Mahasiswa Dan Peran Tutor Dalam Pelaksanaan Tutorial Online Mata Kuliah Teori Belajar Dan Pembelajaran. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_92.pdf

Download (543kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hal-hal berikut: 1) Peran mahasiswa sebagai peserta tuton terhadap pelaksanaan tutorial online, 2) Peran tutor terhadap pelaksanaan tutorial online menurut peserta tuton, 3) Masalah/kendala yang dihadapi oleh mahasiswa dalam pelaksanaan Tuton Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran mahasiswa dalam persiapan sebelum mengikuti tuton, sebanyak 77,53% mengatakan bahwa mereka membaca modul terlebih dahulu sebelum mengikuti tuton. Dalam mengakses tuton, sebanyak 35,96 % mahasiswa melakukannya seminggu sekali dan sebanyak 47,19% mahasiswa melakukan akses tuton di rumah. Sebanyak 93,26% mahasiswa aktif dalam mengikuti forum diskusi dan 95,51% aktif dalam mengerjakan dan mengirimkan tugas. Rata-rata dalam satu semester mahasiswa mengambil 7-10 matakuliah tuton (35,96%). Tingkat biaya yang dikeluarkan oleh mahasiswa diatas Rp.50.000,-/semester (64,04%). Mahasiswa sebanyak 97,75% berpendapat bahwa tuton yang mereka ikuti bermanfaat dalam membantu persiapan UAS dan sesuai dengan biaya yang mereka keluarkan. Peran tutor dalam memberikan materi inisiasi, menurut para mahasiswa sebanyak 60,67%, materi yang diberikan memotivasi mereka untuk belajar. Sebanyak 70,79% mahasiswa juga menyatakan bahwa tutor aktif dalam memberikan sapaan dan sebanyak 92,13% mahasiswa menyatakan bahwa tutor juga aktif dalam memberikan pertanyaan. Dalam hal ketepatan waktu, sebanyak 61,80% mahasiswa menyatakan bahwa tutor tepat waktu dalam mengupload inisiasi dan sebanyak 80,90% mahasiswa menyatakan tutor tepat waktu dalam memberikan pertanyaan diskusi. Masalah/kendala yang dihadapi oleh mahasiswa, sebanyak 65,96% mahasiswa menyatakan bahwa materi yang diberikan oleh tutor sama dengan di modul.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_92
Uncontrolled Keywords: Tutor Online
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 02:44
Last Modified: 08 Nov 2016 02:44
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5787

Actions (login required)

View Item View Item