Susila, Arief Rahman and Lestari, Etty Puji and Isnina W.S.U, (2012) Masterplane Peningkatan Incoming Student di Universitas Terbuka. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2012_104.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kebijakan pembangunan pendidikan nasional diantaranya adalah pemerataan dan perluasan akses pendidikan. Kebijakan tersebut diarahkan pada upaya memperluas daya tampung satuan pendidikan sesuai dengan prioritas nasional, serta memberikan kesempatan yang sama bagi semua peserta didik dari berbagai lapisan masyarakat untuk mengenyam pendidikan. Universitas Terbuka merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan program pendidikan jarak jauh yang memiliki jangkauan luas bagi seluruh warga Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri. Data mahasiswa aktif bulan November 2011 menunjukkan bahwa UT memiliki 578.698 orang mahasiswa yang tersebar dalam 4 fakultas dan 1 program pasca sarjana, akan tetapi dalam setiap tahunnya mempunyai trend menurun. Penurunan jumlah mahasiswa FKIP secara signifikan karena berakhirnya program PGSD yang memiliki jumlah mahasiswa yang relatif besar. Sementara trend jumlah mahasiswa program non pendas menunjukkan trend yang semakin meningkat. Oleh karena itu harus pro aktif untuk melakukan penjaringan mahasiswa baru (incoming student) terutama dari program non pendas. Kajian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pola sebaran potensi incoming student di Universitas Terbuka, (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa masuk ke Universitas Terbuka, (3) Menganalisis peluang, kekuatan dan kelemahan UT dalam menjaring mahasiswa baru, (4) Membuat strategi dan formula yang efektif untuk meningkatkan incoming student di Universitas Terbuka. Penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu: Analisis Visual-Spasial Deskriptif, Analisis Data Primer, Analisis FGD, dan Analisis Deskriptif. Hasil yang diperoleh adalah dari analisis visual spasial, masih ada potensi pasar untuk incoming student di wilayah Indonesia timur dan tengah, Sosprom belum menjangkau ke pelosok akibat demografi dan peran pokjar belum dimaksimalkan, dan Informasi beasiswa kurang terekspose secara luas
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2012_104 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Jarak Jauh, Incoming Student, Analisis Visual-Spasial Deskriptif, Analisis Data Primer, Analisis FGD, dan Analisis Deskriptif |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 03:08 |
Last Modified: | 31 Jan 2019 03:03 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5798 |
Actions (login required)
View Item |