Analisis Implementasi Balanced Scorecard (BSC) Untuk Mengukur Kinerja Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa

Nurfaridah, Nurfaridah (2013) Analisis Implementasi Balanced Scorecard (BSC) Untuk Mengukur Kinerja Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41378.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Balanced Scorecard untuk mengukur kinerja salah satu lembaga Pemerintah/Non Profit yaitu Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sumbawa berdasarkan keempat perspektif yaitu perspektif Pelanggan (Customer Perspektive, Keuangan (Financial Perspektive), Proses Internal (Internal Process Perspektive) dan Pembelajaran dan Pertumbuhan (Learning and Growth Perspektive). Penelitian deskriptif ini menggunakan desain penelitian kualitatif untuk berusaha mendapatkan pemahaman secara mendalam tentang masalah yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptit: yang menggambarkan secara tepat mengenai suatu keadaan obyek tertentu dengan sistematis, faktual dan akurat tentang fenomena yang diteliti dari suatu obyek penelitian dan dipaparkan dengan apa adanya sesuai keadaan. Hasil penelitian menunjukkan Analisis Implementasi BSC dalam mengukur kinerja BKPP memungkinkan untuk dikembangkan. Hal ini dapat dilihat dari pengukuran melalui implementasi BSC yang dilakukan pada 4 perspektifnya terhadap program-program yang sudah dijalankan menunjukkan perspektif pelanggan sebagai perpektifutama (leverage) tujuan organisasi didapat pelanggan yang belum puas secara keseluruhan ysng dinilai dari 5 dimensi kepuasan yaitu keterandalan (reliablity), daya tanggap (respomiveness), jaminan (Assurance), empaty (emphaty) dan berwujud (tangibility), ditandai dengan masih kurangnya pemahaman PNS tentang hak dan kewajibannya, kurangnya pemahaman tentang peraturan perundang-undangan kepegawaian dan penyalagunaan kewenangan, hal ini disebabkan oleh kurangnya sarana pendukung, kurangnya anggaran, rendahnya penerapan teknologi, rendahnya kualitas SDM dan kurangnya motivasi dan komitmen pegawai dalam menjalankan tugas dan fungsi. Untuk mengatasi hal tersebut BKPP perlu merencanakan program-program yang lebih strategis meialui dukungan dari 3 (tiga) perspektif lainnya yaitu perspektif Keuangan untuk evaluasi pembenahan pada perencanaan dan penyediaan anggaran, perspektif Bisnis Internal untuk evaluasi pembenahan penyediaan sarana prasarana pendukung peningkatan produktivitas dan perspektif Pembelajaran dan Perturnbuhan untuk evaluasi dan pembenahan peningkatan kualitas SDM. HasH implementasi Balanced Scorecard (BSC) dalam mengukur kinerja BKPP diharapkan dapat memberi dampak pada peningkatan kinerja BKPP di masa yang akan datang dalam rangka mencapai visi dan misi organisasi yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41378.pdf
Uncontrolled Keywords: measurement and analysis of performance and sumbawa regency bkpp implementation of balanced scorecard (esc), pengukuran dan analisa kinerja bkpp kabupaten sumbawa dan implementasi balanced scorecard (bsc)
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 02 Aug 2016 03:03
Last Modified: 02 Aug 2016 03:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item View Item