SKYPE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERAKTIF PADA PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH

Windrati, Nila Kusuma and Waskita, Djaka (2014) SKYPE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERAKTIF PADA PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
2014_291.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Skype sebagai media komunikasi berbasis internet telah dimanfaatkan UT untuk memberikan layanan bantuan belajar kepada mahasiswanya dalam bentuk kegiatan tutorial. Melalui skype ini mahasiswa bisa berkomunikasi secara interaktif dengan pengajar mengenai pesan pembelajaran yang ada di Buku Mteri Pokok (BMP) terkait yang kurang atau tidak mereka pahami. Tutorial bermedia skype ini pertamakali diberikan pada mahasiswa UT yang berdomisili di Yunanai untuk matakulkiah Pengantar Ilmu Komunikasi (SKOM 4101) pada masa registrasi 2011.2. Sebagaimana kegiatan tutorial lainnya, tutorial bermedia skype ini juga dilaksanakan sesuai dengan kaidah tutorial yaitu diberikan dalam 4 kali pertemuan, masing-masing pertemuan disampaikan selama 4 jam. Selain itu, mahasiswa juga diminta untuk mengerjakan 3 tugas. Tujuan diselenggarakannya tutorial ini tentunya adalah untuk membantu mengatasi masalah belajar mahasiswa khususnya masalah dalam mempelajari materi pelajaran yang tidak atau kurang mereka pahami,sehingga pada akhirnya nanti mereka siap dan bisa mengerjakan Ujian Akhair Semester (UAS) yang diindikasikan dengan predikat lulus untuk matakuliah terkait. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UPBJJ Athena yang terdaftar sebagai peserta tutorial bermedia skype pada masa registrasi 2011.2. terhadap penyelenggaraan komunikasi interaktif bermedia skype yang diwujudkan dalam bentuk program tutorial. Persepsi mahasiswa diukur dari dua variabel yaitu 1). Persepsi terhadap partisipasi aktif tutor dan 2). Kualitas isi pesan yang disampaikan oleh tutor. metode survey digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan bagi penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi 1).Tutor berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan tutorial, yaitu tutor selalu hadir dalam setiap pertemuan tutorial serta aktif menjawab pertanyaan dan berdiskusi dengan peserta tuton ; 2). Isi pesan yang disampaikan tutor berkualitas, karena disampian secara jelas, sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan berguna untuk mengatasi masalaha belajar mereka, khususnya dalam memahami materi pelajaran terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_291
Uncontrolled Keywords: Skype, Komunikiasi Interaktif, partisipasi aktif, kualias isi pesan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 08:29
Last Modified: 08 Nov 2016 08:29
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5915

Actions (login required)

View Item View Item