Nurfatmah, (2013) Analisis Pengaruh Kuaitas Layanan (Servqual) Terhadap Kepuasan dan Kepatuhan Wajib Pajak PBB-P2 Pada Unit Pelayanan Pajak Daerah Kramat Jati. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41086.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh layanan terhadap kepuasan dan kepatuhan wajib pajak Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) pada Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Kramat Jati, yang sejak tanggal 1 Januari 2013 menjadi pajak Daerah sebagai diskresi (perluasan) dari pajak Pusat, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Pajak daerah menjadi sumber utama penerimaan daerah di Ibukota Jakarta. Pengelolaan PBB-P2 tentunya menjadi tantangan bagi Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta untuk menunjukkan kemampuannya mengelola pajak ini. Terlebih kelak, PBB akan menjadi primadona bagi penerimaan di DKI Jakarta, termasuk pada UPPD Kramat Jati. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan survey. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penjelasan karakteristik responden dan data penelitian dianalisa secara statistik, dengan pengujian hasil hipotesa menggunakan SPSS versi 17. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang datang ke UPPD Kramat Jati untuk memperoleh pelayanan PBB, sejak Januari sampai dengan Mei 2013. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan studi dokumen dengan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa 1) variable tangible, reability, assurance dan empathy tidak berpengaruh signifkan secara parsial terhadap kepuasan wajib pajak. 2) variable responsiveness berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan wajib pajak. 3) variable tangible, responsiveness, assurance dan empathy tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak. 4) variable reability dan kepuasan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak. 5) variable kepuasan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak. 6) dan variable tangible, reability, responsiveness, assurance, empathy dan kepuasan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil penelitian membuktikan bahwa kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Namun kualitas layanan PBB pada UPPD Kramat Jati masih sangat lemah pengaruhnya terhadap kepuasan wajib pajak, sehingga perlu optimalisasi kinerja UPPD agar lebih baik di masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41086.pdf |
Uncontrolled Keywords: | dimensions of service quality, taxpayersatisfaction and compliance of taxpayer, dimensi kualitas layanan, kepuasan wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak |
Subjects: | 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336.2 Taxes and Taxation (Pajak dan Perpajakan) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 03:09 |
Last Modified: | 01 Aug 2019 06:53 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/592 |
Actions (login required)
View Item |