Pengembangan Prototipe Bahan Ajar Matakuliah Pendidikan Lingkungan Hidup (PEBI4223) FKIP Universitas Terbuka Tahap II

Rumanta, Maman and Iryani, Krisna and Ratnaningsih, Anna (2013) Pengembangan Prototipe Bahan Ajar Matakuliah Pendidikan Lingkungan Hidup (PEBI4223) FKIP Universitas Terbuka Tahap II. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2013_119.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian Bahan ajar tahap II ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan responden terhadap bahan ajar yang telah direvisi berdasarkan saran para pakar materi dan media desain intruksional, pada evaluasi satu-satu, evalusi kelompok kecil dan ujicoba lapangan. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD UT semester VIII Pokjar Kabupaten Tangerang. Pada evaluasi satu-satu, diperlukan responden sebanyak 6 orang, yaitu 3 orang untuk evaluasi modul 2 dan 3 orang responden lainnya untuk evaluasi modul 7. Responden tersebut dipilih berdasarkan keterwakilan dari kelompok pandai, rata-rata, dan kurang pandai. Dalam tahap ini responden dikumpulkan dalam satu ruangan dan diberi bahan ajar sambil didampingi. Mereka memberikan tanggapan terhadap bahan ajar dengan langsung menyarankannya pada bahan ajar dan mengisi check list yang disediakan. Setelah itu mereka diwawancara untuk mengetahui lebih mendalam tanggapan mereka terhadap kualitas bahan ajar yang dievaluasi. Tahap evaluasi kelompok kecil memerlukan responden sebanyak 18 orang, yaitu 9 orang untuk evaluasi modul 2 dan 9 orang responden lainnya untuk evaluasi modul 7 hasi revisi atas masukan dari evaluasi satu-satu. Dalam tahap ini responden diberikan pre test, kemudian menelaah dan menilai bahan ajar secara langsung pada bahan ajar dan check list yang tersedia, selanjutnya diberikan post test. Untuk mengetahui lebih mendalam pendapat mereka dilakukan focus group discussion. Tahap ketiga dilakukan dan akan dilaksanakan pada tanggal 20 Nopember 2013. Tahap akhir ini memerlukan 36 responden, yaitu 18 responden untuk ujicoba lapangan modul 2 dan 18 responden untuk ujicoba lapangan modul 7. Data hasil penelitian yang telah dilakukan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menujukan bahwa secara umum kedua modul sudah memenuhi criteria yang diharapkan, namun masih banyaknya saran perbaikan modul 2 maupun modul 7. Pada evaluasi satu-satu pada modul 2 masih ada beberapa gambar yang kurang jelas dengan keterangan berbahasa asing, tes formatif yang tidak sesuai dengan materi, serta beberapa istilah yang belum dijelaskan. Pada modul 7, masih ditemukan adanya kalimat yang sukar dimengerti, bahasa yang digunakan kurang komunikatif, dan cukup banyak kata-kata yang sukar dimengerti responden. Sedangkan pada evaluasi kelompok kecil responden masih menyarankan perbaikan pada modul 2 terkait materi yang terlalu banyak, kualitas gambar, dan beberapa materi yang perlu dilihat ulang. Sedangkan saran pada modul 7 masih adanya komentar tentang materi yang terlalu banyak dan membosankan dan beberapa materi yang perlu ditinjau ulang berdasarkan hasil test yang diberikan. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar modul 2 dan modul 7 sudah cukup dapat dimengerti mahasiswa, namun penggunaan istilah perlu dijelaskan agar mudah dimengerti mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa setelah melakukan serangkaian evaluasi dan revisidiakhiri dengan uji lapangan, prototipe modul 2 maupun modul 7 cukup baik untuk digunakan sebagai bahan ajar, walaupun penggunaan istilah masih dirasakan sebagian kecil mahasiswa cukup sulit dimengerti dan perlu sedikit perbaikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2013_119
Uncontrolled Keywords: Pendidikan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.598 Higher Education in Indonesia (Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 08 Nov 2016 09:05
Last Modified: 08 Nov 2016 09:05
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item