Lestariningsih, Enny Dwi and Masduki, Lusi Rachmiazasi (2013) Pengembangan Sistem Model Tutorial Interaktif Online Mata Kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia di SD Bagi Mahasiswa S-1 PGSD UT UPBJJ Semarang. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2013_121.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menggunakan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R and D). Uji coba produk dalam penelitian ini dilakukan tiga kali, yaitu uji ahli, uji terbatas, dan uji lebih luas. Uji ahli terdiri dari uji ahli bahasa dan uji ahli program. Uji terbatas dilakukan pada 25 mahasiswa UT dalam satu wilayah dan uji lebih luas dilakukan pada 83 mahasiswa pada tiga wilayah yang berbeda, yaitu Pokjar Jepara, Pokjar Kudus, dan Pokjar Pati. Hasil analisis kebutuhan mahasiswa pada mata kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia di SD diperoleh data (1) pengetahuan awal mahasiswa pada mata kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia di SD adalah sangat mengenal, 87%; (2) kesukaan atau preferensi mahasiswa pada mata kuliah adalah sangat menyukai, 86%; (3) sikap mahasiswa pada materi mata kuliah adalah cukup membutuhkan, 67%; dan (4) motivasi akademik mahasiswa pada mata kuliah adalah cukup membutuhkan, 68%. Dengan demikian rata-rata kebutuhan mahasiswa pada mata kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia di SD adalah membutuhkan (79%). Hal ini menunjukkan adanya sikap positif mahasiswa pada mata kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia dalam kaitannya dengan kegiatan tuton. Hasil pengembangan software mencakupi dua unsur, yaitu bentuk software dan isi software. Uji coba pengembangan dilakukan tiga kali, yaitu uji ahli, uji terbatas, dan uji luas. Hasil uji ahli pada bentuk sofware adalah baik dikembangkan (70%), isi software adalah baik dikembangkan (83%), dan bahasa software adalah sangat baik dikembangkan (94%). Hasil uji terbatas dan uji luas hanya mencakup bentuk dan isi software karena bahasa software menurut ahli sudah sangat baik untuk dikembangkan. Hasil uji terbatas pada bentuk software adalah baik dikembangkan (79%) dan isi software juga baik dikembangkan (84%). Ada peningkatan pada bentuk 9% dan 1% pada isi software jika dibandingkan pada uji ahli. Hasil uji luas pada bentuk software adalah baik dikembangkan (81%) dan isi software adalah sangat baik dikembangkan (86%). Hal ini berarti ada peningkatan 2% pada bentuk software dan 3% pada isi software.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2013_121 |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Jarak Jauh |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 01:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:35 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5938 |
Actions (login required)
View Item |