Meilani, Any and Suhardi, Deddy Ahmad (2013) Persepsi dan Minat Guru terhadap Bank Syariah (Studi Kasus di Beberapa Sekolah di Depok). Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2013_131.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian adalah: 1) Bagaimana persepsi guru terhadap bank syariah?; 2) Bagaimana minat guru terhadap bank syariah?; 3) Adakah perbedaan persepsi antara guru di sekolah satu dengan sekolah lainnya terhadap bank syariah?; 4) Adakah perbedaan minat antara guru di sekolah satu dengan sekolah lainnya terhadap bank syariah?; dan 5) Adakah hubungan antara persepsi dengan minat guru terhadap bank syariah? Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi Bank Syariah dalam rangka melakukan promosi tentang bank syariah. Data penelitian dikumpulkan dengan cara mengirimkan kuesioner kepada para guru. Data dianalisis secara kualitatif maupun kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriftif kuantitatif, analisis faktor dengan menggunakan LISREL 8.54, General Linear Model (GLM), serta korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) secara keseluruhan persepsi guru terhadap bank syariah cukup bagus (63%). Bila diurutkan persepsi guru SD (72%) lebih tinggi daripada guru SMA (68%) dan guru SMP (52%). Berdasarkan jenis sekolah, persepsi tertinggi sampai terendah terhadap bank syariah adalah dari guru SD Islam, guru SMA Islam, guru SD Umum, guru SMA Umum, guru SMP Islam dan guru SMP Umum. Persepsi guru sangat ditentukan oleh popularitas bank syariah. Bila dilihat dari sisi minat, secara keseluruhan minat guru terhadap bank syariah cukup bagus (65%); 2) Bila diurutkan minat guru SD (80%) lebih tinggi daripada guru SMA (72%) dan guru SMP (53%). Berdasarkan jenis sekolah, minat tertinggi sampai terendah terhadap bank syariah adalah dari guru SD Islam, guru SMA Islam, guru SD Umum, guru SMA Umum, guru SMP Islam dan guru SMP Umum. Minat guru sangat ditentukan oleh produk bank syariah; 3) Perbedaan persepsi terhadap bank syariah dipengaruhi oleh jenjang sekolah (p = 0,000), pendidikan (p = 0,028) dan pendapatan (p = 0,064), sedangkan faktor jenis sekolah dan status nasabah bank tidak berpengaruh; 4) Perbedaan minat terhadap bank syariah dipengaruhi oleh jenjang sekolah (p = 0,000), pendidikan (p = 0,004) dan pendapatan (p = 0,073), sedangkan faktor jenis sekolah dan status nasabah bank tidak berpengaruh; 5) Tingkat persepsi guru berkorelasi dengan tingkat minat guru sebesar 0,803 (p = 0.000). Dengan kata lain persepsi dan minat guru terhadap bank syariah masih tergantung faktor jenjang sekolah, tempat bekerja, pendidikan dan pendapatan guru yang bersangkutan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2013_131 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi; Minat Guru; Bank Syariah |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 153.7 Perceptual Process (Proses Persepsi) 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks (Bank, Perbankan) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 02:09 |
Last Modified: | 13 Feb 2019 07:16 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5960 |
Actions (login required)
View Item |