Evaluasi Pelaksanaan Praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar pada Program S1 PGSD FKIP-Universitas Terbuka

Sukiniarti, and Mardiana, Ade and Budiastra, A. A. Ketut and Julaeha, Siti and Prastisto, and Rahmi, Tety (2014) Evaluasi Pelaksanaan Praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar pada Program S1 PGSD FKIP-Universitas Terbuka. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_93.pdf

Download (886kB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) dengan Kode PDGK 4209, merupakan salah satu mata kuliah berpraktik pada program S1 PGSD FKIP UT. Dalam Katalog UT (2014) dikatakan bahwa PKM adalah mata kuliah yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berlatih menerapkan segala pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang telah dipelajari dari berbagai mata kuliah sebelumnya. Visi Program S1 PGSD FKIPUT adalah menjadi penyelenggara program pendidikan guru SD dalam jabatan (in-service training) melalui Sistem Belajar Jarak Jauh (SBJJ) yang berkualitas. Oleh karena itu kita perlu melihat lebih dekat melalui penelitian bagaimanan pelaksanaan sekaligus penerapan mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) ditempat tutorial tatap muka (TTM). TTM merupakan salah satu layanan bantuan belajar yang diterapkan di UT. Melalui TTM diharapkan mahasiswa dapat lebih memahami konsep materi setiap mata kuliah yang ditawarkan di program Studi S1 PGSD FKIP UT termasuk mata kuliah PKM. Berdasarkan hal tersebut di atas maka program studi S1 PGSD tahun 2014 melakukan evaluasi terhadap kemampuan mahasiswa dalam menerapkan praktik mengajar mata kuliah PKM yang berkode PDGK4209 melalui penelitian. Permasalahan yang diajukan oleh tim peneliti adalah bagaimana kualitas pelaksanaan praktik pemantapan kemampuan mengajar (PKM) di Program S1 PGSD FKIP-Universitas Terbuka. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang sifatnya adalah evaluatif. Ada tiga fase dalam evaluasi terhadap pelaksanaan praktik pemantapan kemampuan mengajar pada mahasisiswa program S1 PGSD yaitu fase: (1) persiapan atau pendahuluan (antecedents), (2) proses/transaksi (transaction-processes).(3). keluaran atau hasil (outcomes, output). Hasil evaluasi pada tahap persiapan menunjukkan bahwa Panduan PKM sudah tersedia sebelum pelaksanaan bimbingan tetapi masih perlu diperbaiki agar lebih mudah dipahami dan dapat diterapkan dalam proses pembimbingan di lapangan. Kualifikasi Supervisor 1 dan Supervisor 2 sudah memenuhi kriteria kualifikasi tetapi harus mengikuti pembekalan dari UPBJJ agar proses pembimbingan sesuai dengan yang diharapkan. Tempat praktik mengajar dan tempat ujian masih perlu dimonitor agar mahasiswa memiliki tempat untuk praktik mengajar dan sekolah tempat ujiansesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Pada tahap pelaksanaan, jumlah mahasiswa yang dibimbing oleh setiap Supervisor 1 harus diperhatikan karena hal tersebut berkaitan dengan beban kerja Supervisor 1 dalam memberikan pembimbingan yang optimal, baik dalam menyusun RPP maupun dalam pelaksanaan simulasi mengajar di kelas tutorial. Berkenaan dengan pembimbingan di sekolah temapt mahasiswa bertugas, tugas Supervisor 2 masih perlu dipertegas berkenaan dengan pelaksanaan praktek mengajar dan pengisian jurnal pembimbingan. Sementara itu, pada tahap hasil, baik Supervisor 1 maupun Supervisor 2 menyatakan bahwa kemampuan mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran meningkat setelah mengikuti pembimbingan PKM.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_43
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mengajar, evaluasi
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 09 Nov 2016 02:23
Last Modified: 08 Feb 2019 07:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5963

Actions (login required)

View Item View Item