Kajian Rendahnya Minat Mahasiswa Non Pendas UT Kupang Mengikuti Layanan Bantuan Belajar Tutorial Online 2011.1

Ahmad, Husen and Silalahi, Wise Rogate (2011) Kajian Rendahnya Minat Mahasiswa Non Pendas UT Kupang Mengikuti Layanan Bantuan Belajar Tutorial Online 2011.1. Project Report. Universitas Terbuka, Kupang.

[img]
Preview
Text
2011_4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Layanan bantuan belajar tuton adalah layanan tutorial yang menggunakan fasilitas komputer dan internet sebagai media, di mana mahasiswa terkoneksi dalam suatu jaringan secara bersamaan dan dapat saling berinteraksi dalam bidang akademik dengan tutor dan sesama mahasiswa lainnya, dan dilaksanakan oleh setiap orang tanpa terikat dalam kelompok, mempunyai kontribusi 30 % terhadap nilai UAS, dan tidak memungut biaya. Mahasiswa Non Pendas Kota kupang yang ikut tuton hanya berkisar 10%, sementara peroleh nilai UAS mahasiswa yang terdaftar dan mengikuti UAS rata-rata IPK 1,40. Asumsi penulis, perolehan IPK rendah karena mahasiswa tidak mendapat layanan bimbingan. UT menyiapkan layanan bimbingan tuton, tanpa biaya, dan juga berkontribusi terhadap nilai bagi yang mengikuti. Tetapi mengapa minat mahasiswa mengikuti tutorial online rendah. Penelitian ini merujuk pada teori layanan bantuan tutorial ear learning . minat,dan motivasi. Mahasiswa yang mendapat bimbingan, dilaksanakan sesuai prosedur, menurut peneliti hasil UAS pasti baik.. Mengikuti tuton sangat bergantung ada tidaknya minat. Untuk mengetahui rendahnya minat, peneliti merujuk pada teori minat dari para ahli, diantaranya, Menurut Andi Mapier (1982:62). Aspek-aspek individual dapat digolongkan menjadi dua ranah, yaitu aspek kemampuan dan aspek kepribadian. Aspek kepribadian, termasuk temperamen dan sikap, aspek kemampuan, termasuk keterampilan mengoperasikan komputer dan mengakses internet, kemampuan finansial atau kemampuan ekonomi.Kedua aspek ini bila tidak dimiliki mahasiswa maka minat mahasiswa akan rendah, akan tetapi bila kedua aspek itu diberdayakan atau mendapat perhatian dari pihak UT, maka mahasiswa akan kembali berminat mengikuti tuton.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2011_4.pdf
Uncontrolled Keywords: Tuton, Minat, Kemampuan, Kepribadian, Interen, Eksteren.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.1 Organization and Activities in Higher Education (Organisasi dan Aktivitas di Perguruan Tinggi)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 09 Nov 2016 03:04
Last Modified: 13 Sep 2018 08:01
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5981

Actions (login required)

View Item View Item