Budiastra, A. A. Ketut and Purwoningsih, Tuti (2014) Studi Pendahuluan Pengembangan Model Pelatihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Mengajarkan IPA Berbasis Inkuiri Di SD Melalui Forum KKG Dalam Konteks Pendidikan Jarak Jauh. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.
|
Text
2014_300.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Di dalam kelas guru memiliki peran yang sangat menentukan terhadap penanaman wawasan akademik dan untuk menanamkan norma-norma sosial bagi siswa karena salah satu fungsi guru di kelas yaitu bertindak sebagai sumber informasi. Sebagai sumber informasi, seorang guru dituntut antara lain: (1) memiliki pengalaman untuk menerapkan ilmu yang digelutinya dalam masalah nyata di masyarakat; (2) mampu memilih dan menerapkan proses pembelajaran yang tepat khususnya dalam proses pembelajaran IPA; (3) mampu melaksanakan dan mengembangkan literative learning process. Dengan kata lain, seorang guru dituntut supaya “kaya” terlebih dahulu dalam arti memiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup memadai sebelum melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Selain itu, di dalam kelas guru juga bertindak sebagai model bagi siswanya. Dalam konteks ini, model diartikan sebagai contoh perilaku, sikap, dan keterampilan yang dapat diamati langsung oleh siswa, karena model merupakan cara yang efektif untuk menanamkan keterampilan serta sikap dan nilai. Apa yang dicontohkan atau yang dimodelkan oleh guru akan jauh lebih efektif daripada yang diucapkan karena jika terjadi perbedaan antara apa yang diucapkan guru dengan apa yang dimodelkan oleh guru, yang akan ditiru oleh siswa adalah apa yang dimodelkan oleh guru. Bidang kajian pokok pendidikan IPA meliputi penguasaan guru tentang hakekat IPA, inquiri dalam IPA, materi dan kurikulum IPA, konteks dalam IPA, keterampilan mengajar, lingkungan belajar, dan penilaian. Sedangkan bidang hasil pokok IPA (science key results area) meliputi manusia terdidik yang memiliki wawasan yang mendalam dalam bidang ilmunya, berpikir kompleks, manusia yang kreatif, dapat berbicara secara efektif, partisifan dalam dunia yang saling bergantungan, reflektif dan pebelajar yang mandiri. Kesinambungan program pembinaan kemampuan profesional guru khususnya dalam pengelolaan pembelajaran IPA di SD hendaknya tidak berhenti setelah mereka menamatkan studi mereka pada program S1 PGSD yang mereka tempuh melalui program prajabatan (pre-service program) maupun dalam program dalam jabatan (in-service program). Forum kelompok kerja guru (KKG) merupakan forum yang dapat digunakan oleh guru-guru SD untuk membina dan untuk selalu meningkatkan kemampuan mereka setelah menyelesaikan pendidikan formal. Bagaimana mengoptimalkan peran forum KKG untuk meningkatkan guru mengajarkan IPA berbasis inkuiri akan dicari jawabannya melalui kajian ini.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2014_300 |
Uncontrolled Keywords: | bidang hasil kajian pokok IPA, inkuiri, pelatihan, KKG |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 03:18 |
Last Modified: | 05 Jun 2020 03:42 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5986 |
Actions (login required)
View Item |