Adji, Sandra Sukmaning and Harijati, Sri (2012) Analisis Kemampuan Berfikir Kritis pada Aktivitas Tutorial On Line. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
|
Text
2011_9.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Saat ini telah banyak berkembang model-model pembelajaran yang menekankan adanya kemampuan berfikir kritis. Berpikir kritis merupakan proses berpikir intelektual di mana pemikir menggunakan pemikiran yang reflektif dan rasional. Manfaat berfikir kritis adalah mahasiswa dapat mengekspresikan ide-ide, menilai pengamatan, mengkaji informasi, dan membuat suatu argumentasi (Bhisma Murti, dalam http://fk.uns.ac.id/static/file/criticalthinking.pdf; Melalui berfikir kritis akan dapat meningkatkan memikir (mahasiswa) untuk meningkatkan kualitas kemampuannya dalam menganalisis, menilai dan mengkonstruksi (http://www.criticalthinking.org/). Kemampuan mencapai berfikir kritis tidak hanya ditujukan untuk siswa dibangku sekolah menengah namun juga untuk jenjang pendidikan strata satu bahkan untuk mahasiswa pascasarjana. Mahasiswa pascasarjana adalah orang yang telah sampai pada kemampuan berfikir kritis, yaitu kemampuan untuk menganalisis, memecahkan suatu masalah dan mengambil keputusan. Kemampuan ini juga berlaku untuk mahasiswa pascasarjana Universitas Terbuka. Namun hingga kini belum ada informasi tentang sejauh mana kegiatan berfikir kritis telah terjadi pada mahasiswa pascasarjana UT.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2011_9.pdf |
Uncontrolled Keywords: | berfikir kritis, tutorial online |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 04:18 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 09:46 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6005 |
Actions (login required)
View Item |