Handayani, Sri and Haryati, Yuli and Sumarno, (2013) Studi Diskriptif Analisis Terhadap Kontribusi Bimbingan Orang Tua Dan Guru Pada Perilaku Kognitif Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Konstruktivisme Di Cepiring Kendal. Project Report. Universitas Terbuka, Semarang.
|
Text
2013_148.pdf Download (661kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari permasalahan kemampuan anak dalam mengatasi permasalahan yang dihadapinya dan belum dapat menyelesaikan sendiri. Seperti anak belum bisa mengenal angka dan huruf serta belum mampu menyusun puzzle dengan benar. Yang seharusnya secara teori anak usia taman kanak-kanak sudah menguasainya. Masalah dalam penelitian ini dibatasi dengan beberapa pertanyaan yaitu bagaimana gambaran bimbingan orang tua, guru dan perilaku kognitif anak serta kontribusi masing-masing variabel-variabel orang tua dan guru terhadap perilaku anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran bimbingan orang tua, guru dan perilaku kognitif anak di Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal. Seberapa besar kontribusi bimbingan orang tua terhadap perilaku kognitif anak usia dini. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran mengenai faktor-faktor yang dominan yang dipandang berpengaruh terhadap perilaku kognitifr bagi anak usia dini serta dapat membantu para guru taman kanak-kanak dalam memecahkan masalah yang dihadapi anak taman kanak-kanak. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif analitik dengan tehnik survey. Metode diskriptif adalah metode yang memusatkan perhatiannya terhadap fenomina yang terjadi pada saat ini. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional yaitu pendekatan yang memungkinkan dilakukan pencatatan data hasil penelitian dalam bentuk angka sehingga memudahkan proses analisis data dan penafsirannya. Analisis yang digunakan adalah analisis korelasional, regresi dan kontribusi. Dari hasil temuan bahwa bimbingan orang tua termasuk pada kategori rendah sebesar 32%. Sedangkan kontribusi bimbingan guru sebesar 52% dan kontribusi orang tua dan guru terhadap perilaku kognitif anak taman kanak-kanak sebesar 55% keduanya dalam kategori baik. Berdasarkan penemuan di atas direkomendasikan kepada orang tua untuk menambah wawasannya, meningkatkan bimbingan dan amplikasinya terutama perilaku kognitif anak sangat penting untuk perkembangan anak, dan guru disarankan meningkatkan bimbingannyaterutama anak yang bermasalah.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Additional Information (ID): | 2013_148 |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Orang Tua; Perilaku |
Subjects: | 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306.874 Parenthood (Orang Tua ) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.8342 Consumer Behavior (Perilaku Konsumen) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian |
Depositing User: | Praba UT |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 07:49 |
Last Modified: | 04 May 2020 09:26 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6063 |
Actions (login required)
View Item |