Pengaruh Krisis Keuangan Global 2008 Terhadap Volatilitas Return Harian ILQ 45 di Bursa Efek Indonesia (IDX)

Iskandarsyah, Agam (2010) Pengaruh Krisis Keuangan Global 2008 Terhadap Volatilitas Return Harian ILQ 45 di Bursa Efek Indonesia (IDX). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41257.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak dari krisis terhadap volatilitas saham, dalam hal ini volatilitas return harian. Volatilitas perlu diperhatikan sebagai acuan para pelaku ekonomi yang berkepentingan terhadap kestabilan harga saham di suatu negara. Telah diketahui bahwa semakin tinggi volatilitas saham semakin tinggi resiko investasi. Portofolio saham dilakukan untuk mengurangi resiko. Krisis Keuangan Global 2008 adalah krisis yang paling dominan sejak krisis keuangan Asia 1998. Dari penelitian terdahulu di beberapa negara berkembang, diketahui bahwa pengukuran volatilitas lebih cocok dengan menggunakan metode Autoregressive Conditional Heteroskedasticity (ARCH) / Generalized Autoregressive Conditional Heteroskedasticity (GARCH) dan turunannya. Penelitian ini adalah melakukan pengujian terhadap data sekunder yaitu data portofolio saham yang tergabung pada indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Sebagai kesimpulan, penelitian ini membuktikan pada uji terhadap keseluruhan range sampel didapat temuan bahwa ada korelasi signifikan Krisis Keuangan Global 2008 terhadap volatilitas return harian, dan juga didapat temuan peningkatan volatilitas return harian setelah Krisis Keuangan Global 2008, dibandingkan dengan volatilitas sebelum KKG 2008. Dengan uji GARCH Mean(1,1) didapat bukti bahwa tidak mungkin untuk mendapat hasil yang premium pada saham yang beresiko tinggi. Dengan metode Threshold GARCH (1,1) hasil uji menunjukkan kejutan negative setelah krisis tidak signifikan dibanding sebelum krisis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41257.pdf
Uncontrolled Keywords: global financial crisis, volatility, return, arch/garch, indonesia stock exchange, krisis keuangan global, volatilitas, return, arch/garch, bursa efek indonesia
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.15 Financial Management (Manajemen Keuangan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 02 Aug 2016 03:51
Last Modified: 18 Oct 2018 01:40
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item