Laporan Hasil Tracer Study: Profil Dan Kondisi Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Riyanti, Rahayu Dwi and Antoro, Sunu Dwi (2014) Laporan Hasil Tracer Study: Profil Dan Kondisi Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
2014_329.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tracer study Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UT tahun 2014 bertujuan untuk mencari informasi tentang 1) profil sebaran lulusan, 2) daya saing lulusan 3) kepuasan lulusan terhadap ilmu yang diperolehnya dibandingkan dengan kebutuhan dalam pekerjaannya, 4) kualitas lulusan dalam uji kompetensi guru, 5) persepsi pemangku kepentingan (stakeholders) terhadap kinerja lulusan. Pengumpulan data tracer study dilakukan melalui dua cara, yaitu pengisian angket dan wawancara. Pengisisan angket dilakukan melalui sampel alumni, kepala sekolah tempat bertugas alumni dan teman sejawat. Setelah kuesioner dikumpulkan, data kemudian diinputkan ke dalam program aplikasi tracer study yang sudah dikembangkan, maka data kuantitatif dapat diperoleh secara otomatis dari aplikasi tersebut. Laporan dari aplikasi dibuat berdasarkan data yang di-keyin dari kuesioner tracer study yang diterima. Hasil tracer study menunjukkan bahwa pada aspek profil, sebaran lulusan yang mempunyai latar belakang pendidikan Diploma (90,9 %). Sebanyak 86,4 % lulusan menyatakan bahwa mereka sudah bekerja ketika kuliah di UT pada sektor formal sebanyak 95,5%, dan 90,9% bekerja penuh waktu sesui dengan bidang studi. Hal ini sesuai dengan jenis program yang ditawarkan, yaitu in-service training bagi guru. Data ini juga sesuai dengan alasan sebagian besar responden (90,9 %) untuk kuliah di S1 Program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UT dengan alasan tidak perlu meninggalkan tugas. Disamping itu 86,4% beralasan biaya terjangkau, berarti konsep pendidikan terjangkau yang ditawarkan UT sudah tepat. Kesempatan dalam seleksi, sebanyak 68,2% responden menyatakan bahwa mereka sudah mendapat kesempatan dalam seleksi dengan baik. Kesempatan dalam untuk di pilih 68% responden menyatakan kesempatan mereka cukup baik. Prestasi dalam lingkungan kerja, sebanyak 72,7% responden menyatakan bahwa prestasi mereka di lingkungan kerja sudah baik. Secara umum responden menyatakan bahwa pelayanan akademik yang diberikan UT sudah baik. Aspek pengalaman belajar lulusan ketika kuliah di program S1 Pend. B. Inggris FKIP-UT dengan menyatakan seberapa banyak aspek belajar mengajar dengan pendekatan Pengetahuan praktis dan empiris direspon oleh Laporan Hasil Tracer study Prodi S1 Pend. B. Inggris tahun 2014 Page 5 71,42 % responden dengan menyatakan bahwa aspek belajar mengajar ini banyak diterapkan di perkuliahan. Sebanyak 66,65% lulusan menyatakan bahwa teori dan konsep banyak diterapkan dan bahkan 33,33% responden menyatakan aspek ini sangat banyak diterapkan. Sikap dan kemampuan komunikasi (65%) respoden menyatakan sikap dan kemampuan komunikasi. Pada aspek belajar mandiri, 71% responden menyatakan bahwa kemampuan belajar mandiri sangat banyak diterapkan ketika kuliah. Prestasi lulusan dalam aspek kepemimpinan cukup baik berkisar pada 43,2% kategori sangat baik dan 34,8% kategori baik, dan yang kurang baik hanya 7,5. Prestasi lulusan dalam aspek kemampuan mengajar kategori baik, terbukti semua komponen mengajar pada kategori sangat baik berkisar 40,4%, dan kategori baik berkisar pada 42,6%. Komponen kemampuan mengajar pada kategori kurang hanya berkisar pada 5,7%. Prestasi lelusan pada aspek perilaku inovatif mencakup 3 komponen berkisar pada 53,01% berkategori baik, dan yang berkategori sangat baik 24,2%, dan yang 9,06% berkategori kurang. Selanjutnya prestasi lulusan pada aspek tanggungjawab mencakup 2 komponen yang berkategori baik berkisar pada 50%, yang sangat baik 31,9% dan yang kuran hanya 4,5. Hal ini berarti pada aspek tanggungjawab prestasi lulusan sudah baik. Prestasi lulusan pada aspek kontribusi terhadap institusi 68,2% sangat baik. Peningkatan kompetensi saat ini berkisar pada kategori baik dan sangat baik. Kompetensi kategori sangat baik ada kecenderungan antara komptensi yang sangat baik dengan yang sangat dibutuhkan prosentasenya lebih tinggi. Sedangkan pada kategori baik antara kompetensi dengan yang dibutuhkan ada kecenderungan berimbang. Secara umum persepsi atasan responden terhadap kinerja mereka sudah baik. Lebih dari 50% atasan responden menyatakan bahwa kompetensi lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UT sudah baik dalam berbagai bidang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_329
Uncontrolled Keywords: tracer study, lulusan, pendidikan bahasa inggris
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.598 Higher Education in Indonesia (Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Nov 2016 01:31
Last Modified: 18 Sep 2018 01:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6099

Actions (login required)

View Item View Item