IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X(STUDI KASUS DI KOTA TENGERANG SELATAN)

Sudarso, Yos and Sopandi, Agus Tatang (2014) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X(STUDI KASUS DI KOTA TENGERANG SELATAN). Project Report. Universitas Terbuka, Tangerang Selatan.

[img]
Preview
Text
2014_112.pdf

Download (721kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2013 di sekolah-sekolah yang ditunjuk oleh pemerintah. Kurikulum 2013 untuk Mata Pelajaran PKn diujicobakan di Kelas X. Waktu sosialisasi yang tidak begitu lama dilanjutkan dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 mendorong peneliti untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 untuk Mata Pelajaran PKn dilaksanakan di SMA wilayah Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran, kisi-kisi soal dan seperangkat tes), wawancara (terhadap guru, kepala sekolah dan siswa), dan observasi (terhadap pelaksanaan pembelajaran di kelas). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan kepala sekolah belum terlalu memahami kurikulum 2013, RPP PKN Kelas X termasuk dalam kategori layak, meskipun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki diantaranya penggunaan kata kerja operasional dalam perumusan indikator dan tujuan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran kurang tepat, dan tidak dicantumkannya penilaian kognitif dalam RPP. Perencanaan penilaian sikap dan keterampilan termasuk dalam kategori layak. Pelaksanaan proses pembelajaran PKN sudah mengikuti kurikulum 2013, namun dalam pelaksanaannya kurang menyenangkan bagi siswa, karena guru belum maksimal dalam pengelolaan kelas, implementasi kurikulum 2013 dalam informasinya cepat berubah, pemahaman instruktur/pendamping/pengawas yang belum seragam tentang kurikulum 2013, keterbatasan fasilitas pendukung, serta guru belum begitu paham tentang implementasi 5M dalam pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_112
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, PKn, Tangerang Selatan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375 Curricula (Kurikulum)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Nov 2016 02:06
Last Modified: 10 Nov 2016 02:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6113

Actions (login required)

View Item View Item