Model Otomatisasi Sistem Tanya Jawab Materi Kuliah berbasis Auto-FAQ Untuk Meningkatkan Layanan Tutorial Online Pada Pendidikan Jarak Jauh

Daulay, Pardamean and Zaman, Badrus (2014) Model Otomatisasi Sistem Tanya Jawab Materi Kuliah berbasis Auto-FAQ Untuk Meningkatkan Layanan Tutorial Online Pada Pendidikan Jarak Jauh. Project Report. Universitas Terbuka, Surabaya.

[img]
Preview
Text
2014_153.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Universitas Terbuka (UT) merupakan salah satu institusi yang bergerak dalam bidang pendidikan tinggi jarak jauh, telah lama mengembangkan layanan pembelajaran berbasis online, diantaranya adalah layanan tutorial online (tuton) yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa berkomunikasi dengan sesama mahasiswa dan tutor (dosen), membahas atau bertanya jawab (berdisuksi) mengenai hal-hal yang terkait dengan materi kuliah. Sebagai sarana komunikasi dan layanan bantuan belajar dalam bidang akademik, layanan tuton semakin diminati oleh mahasiswa. Hal ini bisa dipahami mengingat UT menerapkan sistem belajar mandiri, sehingga sulit bagi mahasiswa melakukan komunikasi secara tatap muka. Ketika ada media komunikasi yang mampu mengatasi hambatan waktu dan jarak, cukup banyak mahasiswa yang berminat bergabung didalamnya. Namun, sayangnya dari pengamatan kegiatan tuton selama ini, tampaknya tutor tuton kerap menghadapi masalah dalam melaksanakan tugasnya. Masalah yang kerap dihadapi tutor adalah bagaimana mencermati dan menindaklanjuti pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa yang cukup banyak dan secara substantif sebenarnya mirip atau sama sehingga jawaban tutor pun cenderung sama dari waktu ke waktu (Daulay dan Zaman, 2012). Kondisi tersebut cukup menjadikan pemikiran, karena di satu sisi materi pertanyaan yang sering disampaikan mahasiswa harus mendapat umpan balik segera agar mahasiswa termotivasi untuk mengikuti tuton, tetapi di sisi lain waktu dan tenaga tutor terbuang untuk mengerjakan sesuatu hal yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model otomatisasi sistem tanya jawab antara mahasiswa dan tutor pada kegiatan tutorial online (tuton) melalui pemanfaatan Auto-FAQ. Sistem ini sangat perlu dikembangkan, mengingat saat ini semakin banyak mahasiswa UT yang berminat dan memanfaatkan layanan tuton, sehingga dikhawatirkan kedepan tutor tuton tidak mampu memberikan jawaban kepada masing-masing mahasiswa secara intensif. Target khusus yang hendak dicapai adalah prototype sistem tanya jawab yang dapat memberikan jawaban secara otomatis kepada mahasiswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian dalam dua tahap. Pada tahun pertama, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh mahasiswa, membuat kunci jawaban dan mendokumentasikannya dalam bentuk sistem FAQ. Metode content analysis (analisis isi) digunakan untuk memperoleh daftar pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh mahasiswa pada forum diskusi tuton. Pada tahun kedua, penelitian bertujuan untuk mengembangan sistem tanya jawab materi kuliah berbasis Auto-FAQ yang dapat menganalisa pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa dan secara otomatis dapat menampilkan jawaban sesuai dengan daftar pertanyaan yang telah dibuat pada penelitian tahun pertama. Auto-FAQ dikembangkan dengan metode temu kembali informasi (information retrieval) menggunakan fitur TF-IDF (term frequency – index document frequency) (Baeza-Yates dan Ribeiro-Neto, 1999). Uji validasi sistem Auto-FAQ menggunakan F-Measures dengan nilai minimal 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas tuton yang berlangsung selama ini, khususnya kegiatan tanya-jawab materi perkuliahan dalam forum diskusi belum maksimal karena tutor sering terlambat merespon pertanyaan atau tanggapan terhadap mahasiswa. Hal ini bisa disebabkan tugas seorang tutor di UT tidak saja berkaitan dengan kegiatan bidang akademik, tetapi juga dituntut memberikan layanan non akademik, bahkan kegiatan non akademik terkadang porsinya jauh lebih besar. Atas dasar itulah, maka aplikasi Auto-FAQ dianggap menjadi solusi teknologis yang dapat membantu tutor dan mahasiswa dalam mengefektifkan layanan tutorial online. Aplikasi Auto-FAQ sudah berhasil dikembangkan, dan dokumentasi materi kuliah berupa daftar tanya jawab mahasiswa dan tutor sudah dapat dintery (dimasukkan) ke dalam sistem Auto-FAQ. Sistem Auto-FAQ yang sudah dikembangkan dipasang di penyedia layanan hosting server pada pihak ke-3 yang beralamat www.faq-materi-mps-ut.com. Untuk dapat mengakses aplikasi tersebut, mahasiswa dapat membuka dengan mengetikkan langsung alamat FAQ MPS yaitu www.faq-materi-mps-ut.com pada address bar yang terdapat pada browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari dan lain-lain serta meng klik link menu yang sudah disediakan pada halaman tuton yang dibuat oleh peneliti. Hasil uji aplikasi Auto-FAQ menunjukkan bahwa sistem dapat memberikan jawaban relevan terhadap pertanyaan. Hasil jawaban pada masing-masing pertanyaan oleh sistem didapatkan nilai precision sebesar 82%, nilai recall sebesar 67%, sehingga didapatkan nilai F-measures sebesar 74%. Dengan demikian, kinerja sistem menunjukkan performansi yang baik. Hal ini didukung pendapat Baeza-Yates dan Ribeiro-Neto (1999) yang menyatakan bahwa uji validasi F-Measures atau metode temu kembali informasi (information retrieval) menggunakan fitur TF-IDF (term frequency – index document frequency) batas minimal nilainya adalah 70%. Namun, mahasiswa yang memanfaatkan aplikasi Auto-FAQ masih sedikit, dimana dari 89 orang mahasiswa aktif dala tuton baru mencapai 50 orang yang telah memanfaatkannya. Kecilnya jumlah mahasiswa yang telah memanfaatkan kemungkinan disebabkan aplikasi Auto-FAQ ini masih baru sehingga banyak yang belum mengetahui dan bisa juga karena keenggan mahasiswa untuk menggunakan teknologi atau media berbasis online. Namun, nilai tuton mahasiswa yang telah memanfaatkan Auto-FAQ ini memiliki kecenderungan yang menggembirakan bahwa semakin sering mahasiswa memanfaatkan aplikasi ini maka semakin tinggi nilai tutonnya. Rekomendasi yang dapat ditawarkan dari penelitian ini adalah; (a) model aplikasi Auto-FAQ masih diujicoba untuk mata kuliah MPS, karena itu perlu dikembangkan untuk mata kuliah lainnya, (b) melakukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam dan terfokus pada kajian hubungan pemanfaatan aplikasi sistem Auto-FAQ dengan hasil belajar mahasiswa, dan (c) menggusulkan penggunaan aplikasi Auto-FAQ secara meluas di UT, bahkan jika memungkinkan seluruh tutor diarahkan untuk memanfaatkan Auto-FAQ ketika melaksanakan tuton.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_153
Uncontrolled Keywords: model otomatisasi, sistem tanya jawab, materi kuliah, berbasis auto-faq, layanan tutorial, pendidikan jarak jauh
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Nov 2016 03:02
Last Modified: 25 Sep 2018 06:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6133

Actions (login required)

View Item View Item