Model Pengembangan Kemampuan Dosen dan Guru dalam Merancang Sumberdaya Pembelajaran Terbuka Daring (Online Open Educational Resources/Program/Courseware

Mustafa, Dina and Silawati, Tutisiana (2014) Model Pengembangan Kemampuan Dosen dan Guru dalam Merancang Sumberdaya Pembelajaran Terbuka Daring (Online Open Educational Resources/Program/Courseware. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_158.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu keterampilan dalam dunia pembelajaranyang sedang berkembang saat ini, karena difasilitasi oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), adalah keterampilan mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran dalam jaringan/daring/online. Guru dan dosen diharapkan dapat mengembangkan mata pelajaran/mata diklat/mata kuliah daring, yang dapat ditawarkan terbatas atau terbuka sehingga menjadi sumberdaya pembelajaran terbuka (SPTD) atau Open Educational Resources/Open Courseware/Open Educational Program (OER/OEP/OCW).Jumlah guru dan dosen di Indonesia banyak sekali, untuk memfasilitasi peserta didik yang banyak dan tersebar di berbagai pulau di Indonesia, dirasakan perlu untuk mengembangkan program peningkatan kemampuan dosen dan guru yang khusus, yang dapat diikuti tanpa harus meninggalkan tempat kerja dan dapat diperbaharui dengan cepat sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini menghasilkan pelatihan daring untuk pengembangan kemampuan guru dan dosen agar dapat mengembangkan SPTD. Hasil penelitian ini adalah prototipe program pelatihan daring terbuka yang memberikan kemampuan merancang SPTD melalui materi: desain pembelajaran daring, pengenalan OER, langkah-langkah melakukan analisis inistruksional untuk mendapatkan peta kompetensi dan garis besar program pembelajaran (GBPP) daring yang berisi objek ajar yang siap diunggah ke platform yang sesuai. Objek ajar berupa program pembelajaran dalam berbagai bentuk seperti teks, presentasi, video, animasi, sebagian atau seluruh mata pelajaran/mata kuliah/mata diklat, yang siap diunggah/upload ke berbagai platform SPTD. Penelitian ini menerapkan model pengembangan sistem pembelajaran ADDIE dan menggunakan platform MOODLE untuk meletakkan materi pelatihan. Platform ini yang memang digunakan oleh UT untuk tutorial daring semua mata kuliah yang ditawarkan. Prototipe program pelatihan daring berbasis MOODLE sudah direviu oleh dosen di FMIPA. Hasil reviu adalah saran perbaikan tampilan situs web agar menarik, revisi cakupan materi agar lebih runtut dalam penyampaian sehingga lebih mudah difahami, serta diberi tambahan materi yang dirasakan perlu. Untuk peserta dari luar UT pelatihan ini dapat menghasilkan rancangan SPTD yang siap diunggah ke platform yang dipilih. Bagi peserta dari UT pelatihan daring ini dapat menghasilkan SPTD yang siap diunggah ke portal SPTD UT setelah divalidasi keabsahan isi dan metode pembelajarannya. Program pelatihan ini telah tersedia di portal mooc.ut.ac.id dengan judul “Pelatihan Pengembangan Sumber Belajar Terbuka.”Revisi program akan dilakukan sebelum program ditawarkan untuk umum pada 2015. Rencana tindak lanjut, program ini akan diterapkan untuk memfasilitasi dosen Jurusan Matematika UT untuk mengembangkan program matrikulasi berbentuk kuliah terbuka yang dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan keterampilan belajar mandiri dan kompetensi Matematika yang perlu sebagai dasar/entry behavior/prilaku awal untuk belajar di Jurusan Matematika FMIPA UT.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_158
Uncontrolled Keywords: Open Educational Resources, perancangan pembelajaran daring, pelatihan daring
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Nov 2016 03:30
Last Modified: 10 Nov 2016 03:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6145

Actions (login required)

View Item View Item