Model Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan

Nurcholis, Chanif and Milwan, and Aisyah, Siti (2014) Model Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.

[img]
Preview
Text
2014_149.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah yang menjadi dasar untuk melakukan penelitian adalah rendahnya IPK mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan. Delapan puluh persen mahasiswa IPK-nya di bawah 2,5. Teori belajar mengatakan bahwa hasil belajar ditentukan oleh proses belajar. Rendahnya hasil belajar mahasiswa IPEM tersebut tentu berhubungan dengan proses belajarnya. Mahasiswa UT dalam belajarnya menggunakan banyak model. Untuk itu, perlu diteliti bagaimana model belajar mahasiswa IPEM. Dengan demikian, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana model belajar mahasiswa IPEM. Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan model belajar mahasiswa dilihat dari empat langkah belajar: 1) registrasi; 2) kepemilikian modul; 3) kegiatan belajar; dan 4) mengikuti ujjian akhir semester. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui kuesioner dan wawancara.Data yang terkumpul dikonstruksi secara kualitatif untuk menggambarkan model belajar mahasiswa.Penelitian menemukan bahwa model belajar mahasiswa IPEM yang ber-IPK di bawah 2 tidak memenuhi standar belajar pada pendidikan jarak jauh; model belajar mahasiswa IPEM yang ber-IPK 2 – 2,9 cukup memenuhi standar belajar pada pendidikan jarak jauh dan model belajar mahasiswa IPEM yang ber-IPK lebih 3 memenuhi standar belajar standar jarak jauh.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_149
Uncontrolled Keywords: Model belajar, mahasiswa, program studi ilmu pemerintahan
Subjects: 300 Social Science > 320-329 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan) > 320 Political dan Government Science (Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Nov 2016 06:15
Last Modified: 14 Feb 2019 04:28
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6205

Actions (login required)

View Item View Item