Evaluasi Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sintang

Lazarus, (2010) Evaluasi Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40494.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mengenai kinerja PDAM kabupaten Sintang dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kinerja PDAM Kabupaten Sintang. Penelitian ini menggunakan dua variabel penelitian yaitu aspek kinerja pegawai dan layanan publik. Dimensi dari variabel penelitian tersebut antara lain adalah kemampuan teknis, kemampuan konseptual, kemampuan hubungan interpersonal, kualitas pelayanan, produktivitas, responsivitas dan akuntabilitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 25 orang yang terdiri dari pimpinan beserta pegawai PDAM, pelanggan, tokoh masyarakat, anggota DPRD dan LSM. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara, observasi, dan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian berjumlah 25 orang yang terdiri dari pimpinan PDAM, pelanggan, tokoh masyarakat, anggota DPRD dan LSM. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara, observasi, dan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan dilakukan secara induktif, yakni penganalisaan dengan cara menarik kesimpulan atas data yang berhasil dikumpulkan dari yang berbentuk khusus ke bentuk umum, atau penalaran. Analisa dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kinerja PDAM Kabupaten Sintang adalah baik. Indikatornya adalah 10 kualitas pelayanan yang baik, 2) tercapainya kepuasan pelanggan, 3) memprioritaskan pelayanan dan memiliki kemampuan untuk mengenali kebutuhan masyarakat, 4) selalu konsisten memberikan pelayanan dan selalu menekankan kesesuaian antara perencanaan dan hasil kegiatan, dan 5) SDM yang memiliki kemampuan teknis, konseptual, danhubungan personal. Berdasarkan penelitian ditemukan juga beberapa keluhan dari masyarakat terkait dengan pelayanan yang diberikan PDAM. Tetapi semua keluhan tersebut berusaha dicari solusi dan pemecahannya oleh PDAM Kabupaten Sintang. Faktor yang mempengaruhi kinerja PDAM Kabupaten Sintang adalah faktor kualitas pelayanan disiplin kerja, kreativitas, tanggung jawab, pengetahuan, dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh PDAM Kabupaten Sintang yang dimiliki oleh PDAM Kabupaten Sintang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40494.pdf
Uncontrolled Keywords: kinerja pegawai, pelayanan publik, PDAM
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.3 Executive Management of Public Administration (Manajemen Administrasi Negara)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 17 Nov 2016 04:42
Last Modified: 17 Nov 2016 04:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6218

Actions (login required)

View Item View Item