Keefektifan Tutorial Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD Melalui Model Lesson Study dengan Strategi Field Oriented pada Mahasiswa Program S1 PGSD UT

Prayitno, Edi (2011) Keefektifan Tutorial Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD Melalui Model Lesson Study dengan Strategi Field Oriented pada Mahasiswa Program S1 PGSD UT. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
Text
40617.pdf

Download (866kB) | Preview

Abstract

Tutorial melalui model Lesson Study dengan strategi Field Oriented dimaksudkan memfasilitasi para mahasiswa S1 PGSD-UT untuk memperoleh pengalaman melakukan kolaborasi dalam kegiatan perbaikan pembelajaran yang mereka lakukan. Para mahasiswa dilibatkan dalam suatu proses aktif untuk merencanakan, mengamati, menganalisis dan merevisi pembelajaran mereka. Dalam penelitian ini peneliti menguji hipotesis, yaitu: Apakah tutorial melalui model Lesson Study dengan strategi Field Oriented effektif terhadap kemampuan mahasiswa Program S1 PGSD UTdalam menyusun rencana pembelajaran (RP)? Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 8 Program S1 PGSD UT Kelompok Belajar (Pokjar Mayong) yang terdiri atas 55 orang. Dengan teknik random sampling terpilih 28 mahasiswa sebagai kelas eksperimen dan 27 mahasiswa sebagai kelas kontrol. Variabel bebas adalah keaktifan dan keterampilan proses mahasiswa serta variabel terikat adalah kemampuan dalam menyusun rencana pembelajaran (RP). Data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes kemampuan. Data dianalisi dengan Uji Banding t dan Uji Pengaruh Regresi. Tutorial melalui model Lesson Study dengan strategi Field Oriented dinyatakan efektif dengan ditunjukkan oleh: (1) tercapainya persentase keaktifan, persentase keterampilan proses, dan persentase kemampuan menyusun rencana pembelajaran (RP) masing-masing sebesar 75,57%, 78,40% dan 75,52% secara signifikan melebihi batas ketuntasan minimal 75%; (2) adanya pengaruh keaktifan dan keterampilan proses terhadap kemampuan menyusun RP secara terpisah masing-masing sebesar 82,7% dan 84,3% serta secara bersama-sama sebesar 90,4% dengan persamaan regresi Ŷ = 13,790 + 0,445 X1 + 0.373 X2; serta (3) terbuktinya secara signifikan perbedaan rata-rata kemampuan menyusun RP antara kelompok eksperimen (sebesar 75,52) dengan kelompok kontrol (67,57). Disimpulkan bahwa tutorial melalui model Lesson Study dengan strategi Field Oriented effektif terhadap kemampuan mahasiswa Program S1 PGSD UT dalam menyusun rencana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40617.pdf
Uncontrolled Keywords: Lesson Study, Field Oriented, Keaktifan, Keterampilan Proses, dan Kemampuan Menyusun Rencana Pembelajaran
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 18 Nov 2016 04:31
Last Modified: 18 Nov 2016 04:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6228

Actions (login required)

View Item View Item