Maharaja, Jannes (2008) Analisis Pengaruh Penerapan Online Integrated Banking System (OLIBs) terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus PT Bank SUMUT Cabang Pematang Siantar). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41177.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Teknologi informasi merupakan kelengkapan yang sangat dibutuhkan bagi kelangsungan bisnis perbankan saat ini, bank yang mampu memberikan sistem informasi yang tepat dan dibutuhkan oleh para konsumennya yang diminati dan dikunjungi. Sebaik-baiknya pelayanan yang diberikan sebuah bank disertai sistem informasi yang on line real time dan update akan menjadi alternatif terakhir dalam pilihan nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penerapan sistem informasi manajemen Online Integrated Banking System terhadap kepuasan nasabah di PT Bank Sumut Cabang Pematang Siantar yang pada akhirnya menciptakan loyalitas nasabah. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang yang merupakan nasabah penabung di PT. Bank Sumut Cabang Pematang Siantar. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Pengukuran variabelnya menggunakan skala Likert dengan 5 (lima) skala. Adapun teknik analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan paket program Amos versi 4.01. Hasil penelitian menunjukkan terdapat jalur hubungan langsung antara sistem informasi manajemen Online Integrated Banking System dengan kepuasan nasabah dengan CR sebesar 5,917 (CR > 2,0) dan probabilitas sebesar 0,007 (p < 0.05) artinya jalur-jalur hubungan itu memiliki pengaruh yang signifikan, dengan demikian hipotesis 1 dan 2 dari penelitian ini diterima. Namun selain pengaruh langsung antar variabel juga terdapat pengaruh tidak langsung antar variabel yaitu jalur hubungan Online Integrated Banking System terhadap loyalitas yang memiliki CR sebesar 0.629 dan probabilitas sebesar 0.53 sehingga jalur hubungan antara Online Integrated Banking System terhadap loyalitas nasabah tidak signifikan, hal ini menunjukkan bahwa tidak sepenuhnya loyalitas nasabah dipengaruhi oleh penerapan sistem informasi manajemen Online Integrated Banking System masih ada variabel-variabel lain yang mempengaruhi tingkat loyalitas nasabah yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian hipotesis 3 dari penelitian ini ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41177.pdf |
Uncontrolled Keywords: | sistem informasi manajemen, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 02:40 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 02:40 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6254 |
Actions (login required)
View Item |