Hubungan antara Minat Masuk dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Pemantapan Kemampuan Mengajar (Studi Korelasi pada Mahasiswa di Lingkungan UPBJJ-UT Jakarta)

Lestari, Sri (2005) Hubungan antara Minat Masuk dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Pemantapan Kemampuan Mengajar (Studi Korelasi pada Mahasiswa di Lingkungan UPBJJ-UT Jakarta). Masters thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
41192.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menentukan hubungan antara minat masukProgram AKTA dan kemandirian belajar dengan hasil belajar PKM baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah survei. Populasi adalah mahasiswa UPBJJUT Jakarta Program Akta Mengajar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka. Sampel sebanyak 30 mahasiswa yang dipilih secara acak dari mahasiswa Program Akta Mengajar Fakultas IImu Pendidikan dilingkungan UPBJJ Jakarta yang mengambil mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar. Data minat masuk Program Akta Mengajar dan Kemandirian belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data hasil belajar pemantapan kemampuan mengajar menggunakan penilaian dengan APKG-1 dan APKG -2. Instrumen hasil belajar pemantapan kemampuan mengajar di validasi oleh para panelis yang merupakan pakar maupun praktisi. Berdasarkan penilaian panelis untuk APKG-1, yang terdiri dan 16 butir, yaitu tidak terdapat butir instrumen tidak sesuai dan kurang sesuai, cUkup sesuai 1 butir, sesuai 8 butir dan sangat sesuai 7 butir, sehingga tidak ada revisi. Sedangkan APKG-2 dengan 66 butir yang tidak terdapat butir instrumen tidak sesuai dan kurang sesuai, cukup sesuai 5 butir, sesuai 28 butir, dan sangat sesuai 33 butir, sehingga tidak ada revisi. Validitas konstruk instrumen hasil belajar pemantapan kemampuan mengajar menggunakan statistik uji-t dengan membandingkan kelompok mahasiswa yang berbeda. Validitas konstruk instrumen minat masuk dan instrumen kemandirian belajar dengan cara sama. Pengujian hipotesis 1 dan 2 dilakukan dengan uji korelasi product moment dan hipotesis ke 3 dengan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah perlama terdapat hubungan positif antara minat masuk (Xl) dengan hasil belajar pemantapan kemampuan mengajar (Y). Kedua, terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar (X2) dengan hasil belajar pemantapan kemampuan mengajar (Y). Ketiga terdapat hubungan positif minat masuk (Xl) dan kemandirian belajar (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar pemantapan kemampuan mengajar (Y).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41192.pdf
Uncontrolled Keywords: teknologi pendidikan, minat, kemandirian belajar, hasil belajar, kemampuan mengajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 24 Nov 2016 03:16
Last Modified: 31 Jan 2019 07:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6256

Actions (login required)

View Item View Item