Hubungan Antara Penguasaan Maten dan Kualitas Pelaksanaan Pemantapan Kemampuan Mengajar Dengan Keterampilan Mengajar Pada Mata Pelajaran Matematika. Suatu Studi Pada Mahasiswa Program Penyetaraan D-II PGSD Guru Kelas Universitas Terbuka Tahun 1997

Aisyah, Siti (1998) Hubungan Antara Penguasaan Maten dan Kualitas Pelaksanaan Pemantapan Kemampuan Mengajar Dengan Keterampilan Mengajar Pada Mata Pelajaran Matematika. Suatu Studi Pada Mahasiswa Program Penyetaraan D-II PGSD Guru Kelas Universitas Terbuka Tahun 1997. Masters thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.

[img]
Preview
Text
40110.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Penguasaan Materi dan Kualitas Pelaksanaan Pemantapan Kemampuan Mengajar dengan Keterampilan Mengajar Pada Mata Pelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan variabel X1 adalah Penguasaan Materi, variabel X2 yaitu Kualitas Pelaksanaan Pemantapan Kemampuan Mengajar dan variabel Y adalah Keterampilan Mengajar Pada Mata Pelajaran Matematika. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Program Penyetaraan D-II PGSD Guru Kelas yang telah mengikuti matakuliah PKM di Kabupaten Bogor masa ujian 96.2 (September 1996 - Pebruari 1997). Dengan menggunakan teknik Multi Stage Cluster Random Sampling dipilih 30 orang sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan objektif tes untuk mendapatkan data tentang penguasaan materi matematika. Sedangkan data kualitas pelaksanaan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) diperoleh melalui angket dengan penilaian model rating scale. Sedangkan data keterampilan mengajar diperoleh melalui observasi dengan penilaian model rating scale. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan korelasi regresi sederhana dan analisis regresi ganda pada tarat signifikan a = 0,05 untuk mengetahui hubungan secara sendiri-sendiri dan bersama-sama antara kedua variabel bebas dan terikat. Hasil analisis data dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment diperoleh hasil sebagai berikut: 1. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan materi dengan keterampilan mengajar pada mata pelajaran matematika dengan r = 0,78 dan r2 = 0,6084 yang berarti 60,84% variasi keterampilan mengajar pada mata pelajaran matematika dapat ditentukan oleh penguasaan materi. Dengan mengontrol X2 ternyata pengaruh variabel X1 terhadap variabel Y tidak dapat diabaikan. 2. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelaksanaan pemantapan kemampuan mengajar dengan keterampilan mengajar pada mata pelajaran matematika dengan r = 0,58 dan r2 = 0,3364 yang berarti 33,64% variasi keterampilan mengajar pata mata pelajaran matematika dapat ditentukan oleh kualitas pelaksanaan PKM. Dengan mengontrol variabel X, ternyata sudah tidak terdapat hubungan antara variabel X2 dengan variabel Y. Hal ini berarti bahwa variabel X1 setelah diteliti cukup dapat memprediksi terhadap variabel Y. Sedangkan pengaruh variabel X2 terhadap variabel Y sudah termuat dalam pengaruh variabel X1 sehingga implikasi dari penelitian ini adalah jika mahasiswa menguasai materi dengan baik maka keterampilan mengajarnya baik pula walaupun kualitas pelaksanaan PKM buruk. Sehingga disarankan pembenahan-pembenahan dalam pelaksanaan PKM agar pengaruhnya dalam keterampilan mengajar dapat ditingkatkan. 3. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara penguasaan materi dan kualitas pelaksanaan PKM dengan keterampilan mengajar pada mata pelajaran matematika dengan R = 0,87 dan R2 = 0,7569 yang berarti 75,69% variasi keterampilan mengajar mata pelajaran matematika dapat ditentukan oleh penguasaan materi dan kualitas pelaksanaan PKM secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40110.pdf
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mengajar,penguasaan materi,pendidikan guru,program diploma
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Dec 2016 06:55
Last Modified: 14 Dec 2016 07:10
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6291

Actions (login required)

View Item View Item