Studi tentang Hubungan Fungsional antara Keberhasilan Menerapkan Inovasi Pendidikan di Sekolah dengan Beberapa Atribut Inovasi serta Latar Belakang Profesional Pribadi Guru (Suatu Studi Kasus tentang Keberhasilan Menerapkan PPSI pada Perencanaan Penyajian Pelajaran IPA oleh Para Guru Sekolah Dasar di Wilayah Kota Madya Cirebon)

Mukti, Farida (1986) Studi tentang Hubungan Fungsional antara Keberhasilan Menerapkan Inovasi Pendidikan di Sekolah dengan Beberapa Atribut Inovasi serta Latar Belakang Profesional Pribadi Guru (Suatu Studi Kasus tentang Keberhasilan Menerapkan PPSI pada Perencanaan Penyajian Pelajaran IPA oleh Para Guru Sekolah Dasar di Wilayah Kota Madya Cirebon). Doctoral thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.

[img]
Preview
Text
40074.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mencoba mengungkapkan apakah terdapat hubungan antara keberhasilan menerapkan inovasi pendidikan di sekolah dengan atribut inovasi serta latar belakang profesional pribadi guru. Penerapan PPSI pada perencanaan penyaj ian pelajaran IPA di kelas telah dijadikan objek pengamatan berkenaan dengan difusi inovasi pendidikan. Lingkup atribut inovasi dibatasi pada tingkat kemudahan, kesesuaian dan rnanfaat relatif inovasi, sedangkan latar belakang pribadi profesional guru dibatasi pada keterbukaan dan sikap profesional mereka. Populasi sasaran penelitian terdiri atas seluruh guru yang rnengajar IPA di sekolah dasar di Kota Madya Cirebon. Sedang sampel terdiri atas sekolah dasar dan sampel yang meliputi 190 guru sekolah dasar, di jaring dengan menggunakan met ode sampe 1 acak yang distrafikasikan (stratified random sampling). Metode penelitian yang digunakan ialah metode survey sampel dengan teknik cross-sectional. Data yang diperoleh ialah data interval dan dikumpulkan dengan kuesioner dan analisis konten. Teknik analisis statistik yang digunakan ialah analisis regresi ganda. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf siknifikasi 0,05. Penemuan hasil penelitian menunjukan bahwa : I. Antara tingkat kemudahan inovasi yang tampak oleh guru dengan keberhasilan menerapkan PPSI terdapat hubungan berbanding lurus. II. Antara kesesuaian inovasi yang tampak oleh guru dengan keberhasilan menerapkan PPSI terdapat hubungan berbanding lurus. III. Antara manfaat relatif inovasi yang tampak oleh guru dengan keberhasilan rnenerapkan PPSI terdapat hubungan berbanding lurus. IV. Antara keterbukaan guru dengan keberhasilan menerapkan PPSI terdapat hubungan berbanding lurus. v. Antara sikap profesional guru dengan keberhasilan menerapkan PPSI terdapat hubungan berbandinglurus. VI. Antara tingkat kemudahan, kesesuaian dan manfaat relatif inovasi serta keterbukaan dan sikap profesional guru secara bersama-s~~a dengan keberhasilan menerapkan PPSI terdapat hubungan berbanding lurus. VII. Keberhasilan menerapkan PPSI dapat diramalkan karena kesesuaian dan tingkat kernudahan inovasi diketahui. Dengan demikian sebagai kesimpulan umum dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa atribut inovasi serta latar belakang profesional pribadi guru memberi sumbangan terhadap keberllasi.l.al nenerapkan inovasi. pendid.i..ka1 di sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 40074.pdf
Uncontrolled Keywords: Kependidikan, guru,sekolah dasar,profesionalitas
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Dec 2016 09:30
Last Modified: 19 Feb 2019 04:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6292

Actions (login required)

View Item View Item