Pengaruh Ukuran Dan Struktur Organisasi Sekolah Pada Besar Biaya Guru Per Murid Dan Tingkat Kelulusan Murid Di Sekolah Menengah Pertama 01 Daerah Istimewa Yogyakarta : Studi Dengan Menggunakan Sampling Purposif

Hussin, (1989) Pengaruh Ukuran Dan Struktur Organisasi Sekolah Pada Besar Biaya Guru Per Murid Dan Tingkat Kelulusan Murid Di Sekolah Menengah Pertama 01 Daerah Istimewa Yogyakarta : Studi Dengan Menggunakan Sampling Purposif. Doctoral thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.

[img]
Preview
Text
40064.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tiga tujuan. Pertama, mengenali dan mengungkapkan perbedaan-perbedaan dalam variabel struktur yang menjadi ciri sekolahsekolah yang berbeda statusnya (negeri, subsidi, dan bantuan). Kedua, meneliti saling ketergantungan di antara unsur-unsur dalam struktur organisasi sekolah, khususnya guru, dan menguji keumuman hipotesis struktur untuk berbagai status sekolah. Ketiga, meneliti hubungan antar variabel-variabel bebas,terhadap tiap struktur organisasi sekolah sebagaian pengaruh variabel struktur tersebut variabel hasil sebagai variabel tak bebas. Termasuk ke dalam variabel struktur organisasi sekolah adalah ukuran sekolah, persentase guru tetap, ijazah tertinggi, masa kerja, pangkat, penghasilan bulanan guru, ukuran kelas, rasio murid/guru, banyak bidang studi dan beban mengajar guru. Sedang variabel hasil terdiri dari satuan biaya guru dan tingkat kelulusan murid. Penelitian menggunakan metode survai dengan memanfaatkan kuesioner sensus nasional tahunan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan. Data yang dipakai diperoleh dengan menggunakan sampling purposif dari hasil isian kuesioner sekolah, kepala sekolah dan guru dari sekolah menengah pertama negeri (102 buah), subsidi (41 buah) dan bantuan (38 buah) yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi order-nol dan regresi multipel. Korelasi ordernol digunakan untuk menentukan betapa baik atau betapa buruk hubungan-hubungan empiris itu cocok dengan hipotesis. Regresi multipel digunakan untuk mengetahui berapa banyak tiap variabel bebas menyumbang kepada variansi variabel tak bebas yang sedang diteliti, tanpa terjadi suatu penghitungan ganda. Terdapat hubungan yang signifikan, baik antar variabel bebas maupun antara variabel bebas dan variabel hasil, seperti yang dikemukakan dalam hipotesis. Besar dan arah asosiasi antar variabel pada umumnya sesuai dengan yang diketemukan dalam kepustakaan. Dari 44 koefisien korelasi antara ukuran sekolah dan 11 variabel yang lain untuk 4 kelompok sekolah, terdapat 33 asosiasi yang mempunyai taraf signifikansi 0,05 atau lebih baik, di mana 32 di antaranya berlaku seperti yang diajukan dalam hipotesis. Implikasi dari hasil penelitian ini antara lain berupa pengetahuan, bahwa dengan memanipulasikan berbagai variabel struktur organisasi sekolah secara tepat akan dapat diperoleh biaya guru per murid yang lebih rendah sambil memperbaiki tingkat kelulusan murid. Sehingga, apabila hasil penelitian ini dimanfaatkan dangan baik akan dapat digunakan sebagai alat untuk ikut memecahkan masalah utama pendidikan pada masa kini, yaitu: bagaimana dengan sumber daya yang tersedia kita memperoleh pendidikan yang lebih baik untuk lebih banyak murid. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh para pengelola sistem pendidikan di dalam merumuskan dan menetapkan kebijaksanaan, sehingga pendayagunaan sumber daya pendidikan, khususnya guru, dapat dilakukan dengan cara yang lebih efektif dan ekonomis untuk mencapai hasil pendidikan yang optimal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 40064.pdf
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.598 Higher Education in Indonesia (Pendidikan Tinggi di Indonesia, Perguruan Tinggi di Indonesia)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:20
Last Modified: 30 Aug 2018 03:21
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6309

Actions (login required)

View Item View Item