Pengaruh Pola Pendekatan dalam Belajar terhadap Prestasi Siswa, Ditinjau dari Motivasi dan Kecerdasannya

Mukminan, (1992) Pengaruh Pola Pendekatan dalam Belajar terhadap Prestasi Siswa, Ditinjau dari Motivasi dan Kecerdasannya. Doctoral thesis, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta.

[img]
Preview
Text
40049.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pola pendekatan dalam belajar, yang terdiri dari belajar tuntas dengan pola pendekatan individual (pola-I), belajar tuntas dengan pendekatan klasikal (pola-K), dan belajar dengan pendekatan konvensional (pola-Kon) terhadap prestasi belajar siswa. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan ke. tiga pola pendekatan di atas, jika dihubungkan dengan motivasi dan kecerdasan siswa. Penelitian eksperimental ini dilakukan di daerah Bantul-Yogyakarta, yang berlangsung antara bulan Januari Juni 1987, dengan mengambil sampel sejumlah 180 orang siswa SHP kelas-I semester-II, yang dikelompokkan ke dalam tiga kelompok perlakuan (I, K, dan Kon). Rancangan yang dipakai di dalan penelitian ini adalah rancangan faktorial 3x2x2. Pengukuran prestasi belajar didasarkan atas skor tambah yangg berupa selisih antara nilai pada tes awal dengan tes akhir dengan rentangan antar 0 - 100. Teknik Amalisis yang digunakan adalah Analisis Variansi (ANAVA) 3 jalan. dilanjutkan dengan uji Scheffe dan atau Newman-Keuls pada taraf signifikansi 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara keseluruhan, prestasi belajar dengan pola-r {X = 30,889 ; s.d. = 10,408 untuk nata pelajaran geografi (Geo). dan X = 39,277; s.d. = 13,817 untuk mata pelajaran Hatematika_(Hat)} lebih tinggi dari prestasi belajar dengan pola-K (X = 22,417 ; s.d. = 10,877 untuk Geo dan X = 39,277 ; s.d._= 13,813 untuk Kat). Pola-K lebih tinggi dari pola-Kon (X = 16,944 ; s.d. = 12,305 untuk Geo dan X= 29,127; s.d. = 13,652 untuk Kat). Dengan demikian prestasi belajar dengan pola-r lebih tinggi dari pola-Kon. Penelitian ini juga menyinpulkan adanya interaksi antara pola pendekatan dengan motivasi dalan nenpengaruhi prestasi baik untuk Geo maupun Mat. Interaksi antara pola pendekatan dengan kecerdasan signifikan untuk Geo tetapi tidak signifikan untuk Mat. Interaksi antara pola pendekatan, motivasi, dan kecerdasan secara bersana-sana ternyata tidak signifikan baik untuk Geo maupun Kat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information (ID): 40049.pdf
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Disertasi
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 23 Jan 2017 02:12
Last Modified: 19 Feb 2019 03:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6312

Actions (login required)

View Item View Item